ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA, TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PEMERINTAH DAERH KOTA SOLOK)

Rika, Verawati (2017) ANALISIS SUMBERDAYA MANUSIA, TEKNOLOGI INFORMASI, SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS PEMERINTAH DAERH KOTA SOLOK). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1.Cover dan abstrak .pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I .pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
3.BAB V .pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAFTAR PUSTAKA 2 (1).pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (FULLPAPER)
5Fullpaper.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Sumberdaya Manusia,Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada Pemerintah Daerah Kota Solok.. Penelitian ini merupakan analisis deskriptif terhadap penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah daerah Kota Solok dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dan untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan Latar Belakang Pendidikan sangat mempengaruhi keandalan dan ketepatwaktuan dari Laporan Keuangan, Penggunaan Teknologi Informasi mempengaruhi Ketepatwaktuan dari Laporan Keuangan dan Kepatuhan terhadap Sistem Pengendalian Intern sangat menentukan Keandalan dan ketepatwaktuan dari Kualiatas Laporan Keuangan Pemerintah daerah Kota Solok. Penyebab masih belum rendahnya kualitas laporan keuangan, karena SDM yang menjalankan fungsi akuntansi dan verifikator keuangan masih 90% bukan dari latarbelakang pendidikan akuntansi, Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan yang digunakan belum mampu mengakomodir kebutuhan untuk menghasilkan komponen laporan keuangan yang valid dan tepat waktu. Kepatuhan terhadap Sistem Pengendalian Intern dari SKPD belum optimal dan tidak adanya sanksi yang tegas menyebabkan keterlambatan dalam penyelesaian administrasi dan salah saji dari informasi keuangan yang disajikan dalam Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Solok. Untuk meningkatkan kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Solok, dilakukan pengrekrutan Staf dari CPNS dari latar belakang akuntansi dan pemetaan staf dengan latar belakang akuntansi, serta peningkatan SDM melalui Pendidikan dan latihan. Penting ditinjau ulang penggunaan system informasi yang mampu mengakomodir semua kebutuhan penyusunan laporan keuangan. Perumusan Sistem Pengendalian Intern yang lebih tegas serta system reward dan punishment dalam penerapannya

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR.SUHAIRI,SE,Ak
Uncontrolled Keywords: Sumberdaya Manusia, Teknologi Informasi,Sistem Pengendalian Intern dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:25
Last Modified: 23 Sep 2021 07:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83188

Actions (login required)

View Item View Item