Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Sosial Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Gizi Seimbang Dan Aktivitas Fisik Remaja Overweight Di MAN 1 Aceh Barat Tahun 2021

Ranita, Suri Dewi (2021) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Sosial Instagram Terhadap Perubahan Perilaku Gizi Seimbang Dan Aktivitas Fisik Remaja Overweight Di MAN 1 Aceh Barat Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover Dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT SKRIPSI RANITA SURI DEWI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Prevelensi kejadian overweight pada remaja usia 10-19 tahun secara global adalah sebesar 17,3%. Salah satu penyebab overweight adalah karena perilaku serta aktivitas fisik yang kurang. Upaya dalam mengatasi permasalahan gizi overweight pada remaja adalah dengan edukasi gizi. Edukasi gizi dapat mengubah perilaku seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh edukasi gizi menggunakan media sosial instagram terhadap perilaku gizi seimbang dan aktivitas fisik remaja overweight di MAN 1 Aceh Barat Tahun 2021. Metode Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment pre-post test with control group design. Media yang digunakan adalah instagram. Penelitian dilakukan di MAN 1 Aceh Barat dari bulan November 2020 - Juni 2021. Sampel terdiri dari 52 siswa overweight menggunakan Purposive atau Judgemental Sampling. Analisis data dilakukan secara paired sample t-test. Hasil Sebelum edukasi gizi remaja putri memiliki skor pengetahuan 5,73, skor sikap 24,73, skor tindakan 6,50, dan skor aktivitas fisik 7,76 sedangkan sesudah edukasi gizi skor pengetahuan 8,88, skor sikap 33,69, skor tindakan 6,65, dan skor aktivitas fisik 8,03. Hasil uji statistik menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan (p-value 0,000) dan sikap (p-value 0,000) yang signifikan tentang gizi seimbang pada kelompok intervensi menggunakan instagram. Tidak terdapat perbedaan tindakan (p-value 0,476) dan aktivitas fisik (p-value 0,056) tentang gizi seimbang pada kelompok intervensi menggunakan instagram. Kesimpulan Pemberian edukasi gizi menggunakan media sosial instagram berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan dan sikap gizi seimbang remaja overweight. Diharapkan sekolah dapat memfasilitasi siswa untuk menyebarluaskan informasi mengenai gizi seimbang menggunakan media sosial instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Fivi Melva Diana, SKM, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: overweight, nutrition education, instagram, knowledge, attitude, action, physical activity
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 27 Sep 2021 08:41
Last Modified: 27 Sep 2021 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83175

Actions (login required)

View Item View Item