Pengaruh Penambahan Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Pada Pembuatan Pasta Gigi Herbal Berbasis Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Sifat Antibakteri, Sifat Fisik dan Nilai Sensori

Zaadah, Zaadah (2021) Pengaruh Penambahan Gambir (Uncaria Gambir Roxb) Pada Pembuatan Pasta Gigi Herbal Berbasis Virgin Coconut Oil (VCO) Terhadap Sifat Antibakteri, Sifat Fisik dan Nilai Sensori. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHUUAN.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL ZAADAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sumber daya alam Indonesia kaya akan berbagai jenis tanaman, beberapa diantaranya yaitu produksi perkebunan kelapa dan gambir yang tinggi. Pengolahan bahan baku ini dibutuhkan pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan nilai tambah produk melalui pemanfaatannya menjadi pasta gigi karena mempunyai potensi kandungan antimikroba tinggi sebagai bahan utama yang dipertimbangkan dalam semua produk kesehatan mulut dengan zat antibakteri alami yang relatif lebih aman dikonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perlakuan terbaik penambahan gambir (Uncaria gambir Roxb) pada pembuatan pasta gigi herbal berbasis virgin coconut oil (VCO) terhadap sifat antibakteri, sifat fisik dan nilai sensori. Variasi perlakuan penambahan konsentrasi gambir ialah 0,9%, 1,8%, 2,6%, 3,5% dan 4,3%. Analisis yang dilakukan meliputi analisis kimia (uji pH), analisis fisik (uji homogenitas dan uji pembusaan), analisis sensori (uji hedonik) dan analisis mikrobiologi (uji antibakteri dengan metode difusi sumuran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi gambir memberikan pengaruh nyata terhadap nilai pH dan pembentukan busa tetapi tidak mempengaruhi homogenitas, nilai hedonik (warna, aroma, rasa, tekstur, dan keseluruhan) serta diameter zona hambat terhadap bakteri Streptococcus mutans. Perlakuan pasta gigi terbaik adalah perlakuan 3, yaitu penambahan 2,6% gambir dari basis pasta gigi dengan nilai pH 8,42, homogen, tinggi busa 10,70 mm, uji kesukaan warna : suka (3,85), aroma suka (4,25), rasa: biasa (3,30), tekstur: biasa (3,45), keseluruhan: suka (3,80), diameter zona hambat indikator kuat (34,6 mm).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 23 Sep 2021 02:49
Last Modified: 23 Sep 2021 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/83122

Actions (login required)

View Item View Item