FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA GURU SMP DAN SMA YAYASAN DARUL MA'ARIF AL-KARIMIYAH PADANG TAHUN 2021

Ulfa, Dwi Riwayati (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA GURU SMP DAN SMA YAYASAN DARUL MA'ARIF AL-KARIMIYAH PADANG TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Stres kerja merupakan suatu respon emosi individu ketika dihadapkan pada tuntutan dan tekanan kerja yang tidak sesuai dengan pengetahuan dan kemampuan mereka. Guru merupakan satu diantara enam profesi dengan tingkat stres paling tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kerja, hubungan interpersonal, umur, masa kerja, ketaksaan peran dan konflik peran dengan stres kerja pada guru SMP dan SMA Yayasan Darul Ma’arif Al-Karimiyah Padang Tahun 2021. Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan bulan Februari-Juli 2021 dengan sampel 44 guru diambil menggunakan metode total sampling. Analisis data menggunakan uji Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan 54,5% guru mengalami stres kerja berat, 61,4% guru memiliki beban kerja tinggi, 47,7% guru mengalami hubungan interpersonal kurang baik, dan 61,4% guru mengalami konflik perang tinggi serta terdapat hubungan yang signifikan antara beban kerja (p-value=0,001), hubungan interpersonal (p-value=0,032) dan konflik peran (p-value=0,008) dengan stres kerja pada guru. Terdapat hubungan beban kerja, hubungan interpersonal, dan konflik peran dengan stres kerja pada guru SMP dan SMA Yayasan Darul Ma’arif Al-Karimiyah Padang Tahun 2021. Pihak sekolah disarankan melengkapi material dan peralatan penunjang pekerjaan, dan meningkatkan komunikasi antar rekan kerja untuk mencegah timbulnya stres.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nizwardi Azkha, SKM., MPPM., M.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: Guru, Stres Kerja, Faktor Stres Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:25
Last Modified: 22 Sep 2021 03:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82983

Actions (login required)

View Item View Item