TRANSFORMASI HABITUS ORANGTUA ANAK ABK DALAM PENDIDIKAN DAN SOSIALISASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA PADANG

EDWAR, edwar (2021) TRANSFORMASI HABITUS ORANGTUA ANAK ABK DALAM PENDIDIKAN DAN SOSIALISASI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (jurnal)
Jurnal Edwar.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Tesis Utuh)
Tesis Edwar u pustaka.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformasi habitus orangtua anak berkebutuhan khusus dalam pendidikan dan sosialisasi pada saat pandemi Covid-19 di Kota Padang, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif, pada 7 orangtua anak ABK dan 5 orang dari pihak sekolah sebagai data tambahan. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa orangtua mengalami perubahan yang berbeda-beda dalam mendidik dan bersosialisasi dengan anak selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar diantaranya adalah Pertama, orangtua mampu mengubah habitus dengan alasan kebijakan pemerintah tersebut adalah kesempatan yang harus digunakan untuk secara intens berhubungan dengan anak, sehingga tumbuh kembang anak akan lebih baik dan hal ini tetap dilakukan setelah masa kebijakan tersebut berakhir dengan waktu yang disesuaikan, Kedua, orangtua hanya melakukan perubahan pada masa kebijakan berlaku saja dengan alasan bahwa mereka tidak memiliki kemampuan untuk mendidik anak, perubahan yang dilakukan hanya bertujuan untuk mempertahankan kondisi anak dan Ketiga, orangtua pasrah pada keadaan dengan alasan anak sulit untuk fokus belajar dengan orangtua, sehingga orangtua berharap kebijakan tersebut segera berakhir dan anak dapat kembali bersekolah. Perbedaan perubahan menjelaskan bahwa perubahan yang terjadi pada struktur sosial tidak secara otomatis dapat membuat mengubah habitus orangtua sebagai individu, perubahan dapat terjadi dikarenakan hubungan timbal balik diantara struktur dan individu.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Damsar, M.A
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Transformasi Habitus, Pembatasan Sosial Berskala Besar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:08
Last Modified: 20 Sep 2021 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82590

Actions (login required)

View Item View Item