Muhamad Reza, Fahlevi (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TRANSMART HOME DELIVERY PT TRANS RETAIL INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version Download (266kB) | Preview |
|
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan jual beli di masyarakat semakin berkembang seiring dengan perubahan zaman. Hal tersebut dipengaruhi salah satunya oleh perkembangan teknologi yang berbasis internet. Kegiatan jual beli berbasis internet ini merupakan bentuk perdagangan yang mempunyai karakteristik sendiri yang mana prakteknya yang bisa saja melintasi batas negara, tidak bertemunya penjual dengan konsumennya dan lain sebagainya. Keadaan seperti ini di satu sisi sangat menguntungkan konsumen, namun di sisi lain hal ini juga dapat merugikan konsumen seperti pelanggaran akan hak-hak konsumen. PT Trans Retail Indonesia merupakan salah satu pelaku usaha yang secara resmi meluncurkan layanan jual beli secara online lewat Transmart Home Delivery dengan tujuan untuk mempermudah konsumen, yang mana mereka dapat berbelanja tanpa perlu untuk keluar rumah. Namun dalam prakteknya, sangat riskan terjadi pelanggaran seperti kegiatan jual beli online lainnya. Maka dari itu sangat diperlukan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam jual beli secara online, khususnya dalam Transmart Home Delivery PT Trans Retail Indoensia ini. Maka berdasarkan uraian tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini (1) bagaimana keabsahan perjanjian dalam transaksi elektronik Transmart Home Delivery PT Trans Retail Indonesia dan (2) bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen Transmart Home Delivery PT Trans Retail Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Yuridis Empiris dengan metode Deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara analisis deskriptif kualitatif yang meliputi penggolongan data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil yang didapatkan yaitu: Pertama, keabsahan perjanjian yang terdapat dalam transaksi secara elektronik Transmart Home Delivery PT Trans Retail Indonesia diatur dalam Pasal 47 dPeraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik; Kedua, Perlindungan hukum bagi konsumen transaksi online Transmart Home Delivery PT Trans Retail Indonesia terdapat dalam Pasal 46 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kata Kunci : konsumen, perlindungan hukum, transaksi elektronik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:52 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:52 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/82068 |
Actions (login required)
View Item |