PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya L) TERHADAP KARKAS, MASSA DAGING DAN KADAR KOLESTEROL DAGING PADA AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB)

YOLANDA, EKA PUTRI (2021) PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya L) TERHADAP KARKAS, MASSA DAGING DAN KADAR KOLESTEROL DAGING PADA AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB). Diploma thesis, universitas andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
PENUTUP.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT YOLANDA)
SKRIPSI FULL TEXT YOLANDA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG DAUN PEPAYA (Carica papaya L) TERHADAP KARKAS, MASSA DAGING DAN KADAR KOLESTEROL DAGING PADA AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB) Yolanda Eka Putri, dibawah bimbingan Dr. Ir. Zulkarnain, MS dan Dr. Ir. Tinda Afriani, MP Bagian Ilmu Dan Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2021 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung daun pepaya (Carica papaya L) terhadap persentase karkas, massa daging dan kadar kolesterol daging pada ayam KUB. Penelitian ini menggunakan Ayam KUB sebanyak 100 ekor dengan lama penelitian 12 minggu dan perlakuan dimulai pada ayam umur 3 minggu. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dan empat ulangan yang terdiri dari A (ransum dengan tepung daun pepaya 0%), B (ransum dengan tepung daun pepaya 2,5%), C (ransum dengan tepung daun pepaya 5%), D ( ransum dengan tepung daun pepaya 7,5%),E (ransum dengan tepung daun pepaya 10%). Parameter yang diukur adalah persentase karkas, massa daging dan kadar kolesterol daging. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian tepung daun pepaya (Carica papaya L) terhadap persentase karkas dan massa daging pada ayam KUB memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05). Sedangkan pada kadar kolesterol daging memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa, pemberian tepung daun pepaya sampai taraf 10% dalam ransum ayam Kampung Unggul Balitnak belum mempengaruhi persentase karkas dan massa daging, namun dapat menurunkan kadar kolesterol daging dengan nilai rataan persentase karkas 63,08%, massa daging 222,50 g/ekor, kadar kolesterol daging 75,85 mg/100g. Kata Kunci : Ayam KUB, Karkas, Massa Daging dan Kadar Kolesterol Daging

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Zulkarnain, MS
Uncontrolled Keywords: Ayam KUB, Karkas, Massa Daging dan Kadar Kolesterol Daging
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 10 Sep 2021 03:00
Last Modified: 10 Sep 2021 03:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81913

Actions (login required)

View Item View Item