Pembangunan Sistem Informasi Inventarisasi Aset Teknologi Informasi (TI) Pada PT.PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat Berbasis Web

Astri, Astri (2021) Pembangunan Sistem Informasi Inventarisasi Aset Teknologi Informasi (TI) Pada PT.PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat Berbasis Web. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover abstrak)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir)
BAB VI (AKHIR).pdf - Published Version

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
LAPORAN TA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berperan sebagai penyedia tenaga listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah Sumatera Barat. PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat memiliki divisi yang berhubungan dengan sistem dan teknologi informasi yaitu divisi Sistem Teknologi Informasi (STI). Divisi Sistem Teknologi Informasi (STI) bertugas membantu setiap wilayah kerjanya dalam melakukan inventarisasi aset Teknologi Informasi (TI). Proses inventarisasi aset Teknologi Informasi (TI), masih dilakukan secara konvensional yaitu dengan cara mengisi setiap lembaran form inventarisasi, yang dibawa oleh masing-masing petugas divisi STI, pada saat mengunjungi kantor unit yang termasuk wilayah kerja STI. Pelaksanaan inventarisasi dengan cara ini tentu memiliki banyak kekurangan, diantaranya; besarnya biaya operasional pendataan aset berupa biaya transportasi, pencetakan dokumen, atk, dan lain sebagainya, tidak tepat nya estimasi waktu pelaksanaan inventarisasi aset dikarenakan human error berupa kehilangan dokumen, dokumen yang tercecer, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini dirancang dan dibangun sistem informasi inventarisasi aset Teknologi Informasi (TI) berbasis web. Sistem informasi ini akan mempermudah seluruh proses inventarisasi yang sebelumnya dilakukan secara konvensional menggunakan formulir cetak menjadi terkomputerisasi. Petugas tidak perlu lagi membawa formulir inventarisasi. Selain itu, pendataan dan rekapitulasi data menjadi lebih terstruktur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan metode waterfall dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan framework Laravel. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode black box testing dan usability testing. Pada metode black box telah dilakukan pengujian dengan hasil, fungsional dapat berjalan dengan baik sesuai dengan alur proses yang telah dirancang. Kemudian pada pengujian menggunakan metode usability didapatkan hasil skor System Usability Scale (SUS), sebesar 72,5 yang berarti aplikasi inventarisasi aset TI dalam adjective rating dikategorikan “ok” dan dapat diterima dengan mudah sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fajril Akbar, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Inventarisasi, Aset TI, STI, PLN
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:30
Last Modified: 09 Sep 2021 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81907

Actions (login required)

View Item View Item