Strategi Pengembanagn UMKM Kerupuk Kulit di Kota Padang

Rezki, Ahmad (2021) Strategi Pengembanagn UMKM Kerupuk Kulit di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 ( Pendahuluan))
BAB 1 ( Pendahaluan).pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir ( penutup/kesimpulan))
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal pada UMKM kerupuk kulit di Kota Padang dan merancang strategi usaha yang sebaiknya diterapkan oleh UMKM kerupuk kulit di Kota Padang dengan menggunakan observasi, wawancara dan kuisioner untuk mengidentifikasi pengembangan UMKM kerupuk kulit di Kota Padang dan metode analisis SWOT digunakan untuk merancang strategi pengembangan UMKM kerupuk kulit di Kota Padang. Hasil dari identifikasi lingkungan internal dan lingkungan eksternal yaitu faktor kekuatan komunikasi yang baik antara karyawan dan pemilik usaha memiliki dampak yang positif bagi bagi UMKM, memiliki lahan yang luas untuk memproduksi kerupuk kulit (lahan penjemuran, dapur khusus penggorengan, akses transportasi dan lahan parkir), tingginya pengalaman pengusaha. Faktor kelemahan yaitu manajemen pengelolaan kurang baik, pemasaran produk belum maksimal, modal usaha terbatas, masih menggunakan alat tradisional dalam memproduksi kerupuk kulit dan lama produksi dan keterbatasan bahan baku di Kota Padang. Faktor peluang yaitu masyrakat Kota Padang menyukai makanan kerupuk kulit, pesatnya perkembangan teknologi modern, marketplace, social media dapat digunakan sebagai media promosi yang ideal. Faktor ancaman yaitu kurang dukungan dari pemerintah, dampak Covid-19, banyaknyaa persaingan. Hasil dari analisis SWOT yaitu strategi WO dengan bobot nilai 3,45935812 dan strategi alternatif yang dapat digunakan yaitu meningkatkan kreativitas dan skill karyawan dan pencatatan khusus terhadap karyawan. Strategi WT dengan bobot nilai 3,05942179 dan strategi alternatif yang dapat digunakan yaitu meningkatkan sumber daya manusia, menggunakan teknologi modern untuk meningkatkan produksi. Strategi SO dengan bobot nilai 2,463973 dan strategi alternatif yang bisa digunakan yaitu menjalankan sistem produksi kerupuk kulit yang efektif dan efisien, membuat dan melaksanakan target pemasaran produk dan memanfaatkan teknologi informasi dalam mempromosikan produk. Strategi ST dengan bobot nilai 2,17911 dan strategi alternatif yang bisa digunakan yaitu meningkatkan kualitas dan produksi kerupuk kulit dan pelaksanaan vaksinasi Corona pada pelaku usaha. Kata Kunci : UMKM kerupuk kulit, strategi, Kota Padang, analisis SWOT, pengembangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Dwi Yuzaria, SE, M.Si M. Ikhsan Rias, SE, M.Si
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 03 Sep 2021 06:43
Last Modified: 03 Sep 2021 06:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81575

Actions (login required)

View Item View Item