PROPAGANDA DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG KELUARGA BERENCANA SERTA DAMPAKNYA BAGI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KOTA PADANG MASA ORDE BARU (1977-1998)

Afri, Afri Yanda (2021) PROPAGANDA DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG KELUARGA BERENCANA SERTA DAMPAKNYA BAGI PROGRAM KELUARGA BERENCANA DI KOTA PADANG MASA ORDE BARU (1977-1998). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN)
BAB V.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI AFRI YANDA FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji iklan sebagai media propaganda program Keluarga Berencana dimasa Orde Baru. Iklan yang dijadikan fokus penelitian adalah iklan Generasi KB tahun 70-an, iklan KB Lingkaran Biru tahun 1991-1992 dan iklan Suami Siaga tahun 1998-2000. Penelitian menggunakan konsep Keluarga Berencana serta teori semiotika untuk menganalisis simbol-simbol KB yang ditampilkan dalam iklan-iklan tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari heuristik, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa di Kota Padang, iklan-iklan tersebut ternyata masih terus menempel dalam ingatan kolektif masyarakat, terutama mengenai iklan Generasi KB yang tayang di TVRI pada dekade 1970-an. Bagian yang paling diingat oleh masyarakat adalah mengenai lagu Mars Keluarga Berencana yang mengandung ajakan untuk mengikuti program KB. Menurut beberapa orang narasumber iklan-iklan tersebut secara langsung telah memberikan informasi tentang program Keluarga Berencana. Melalui berbagai kebijakan, sosialisasi serta propaganda-propaganda yang dilakukan pemerintah di media masa(termasuk iklan televisi) maka program KB di Kota Padang pada masa Orde Baru cukup berhasil dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yenny Narny
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Iklan, Keluarga Berencana, Kota Padang, Media Propaganda, Orde Baru
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:16
Last Modified: 03 Sep 2021 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81567

Actions (login required)

View Item View Item