Tria, Dara Andiza (2020) Ketimpangan Pendapatan, Kepuasan Kerja Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Honorer Taman Kanak-Kanak Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK .pdf - Published Version Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (339kB) | Preview |
|
|
Text (bab akhir)
BAB AKHIR.pdf - Published Version Download (375kB) | Preview |
|
|
Text (dapus)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (241kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
TESIS TRIA DARA ANDIZA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
KETIMPANGAN PENDAPATAN, KEPUASAN KERJA DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA GURU HONORER TAMAN KANAK-KANAK KOTA PADANG Oleh : Tria Dara Andiza (1720512001) (Dibawah Bimbangan : Delfia Tanjung Sari SE, M.Si , Ph.D dan Dr. Sosmiarti SE, M.Si) Abstrak Pendidikan merupakan sebuah investasi dalam jangka panjang. Dimana pendidikan berkontribusi baik secara langsung ataupun tidak terhadap ekonomi dan pembangunan. Langkah untuk memperbaiki kualitas SDM yang dimulai dari usia dini akan memberikan pengembalian modal (return to investment) lebih cepat dibandingkan ketika diberikan pelatihan saat dewasa atau menjadi karyawan baru sehingga pendidikan yang diberikan pada anak usia dini atau Taman Kanak�Kanak diperlukan dalam hal ini. Salah satu faktor pendukung penting penunjang pendidikan adalah guru yang profesional dimana perannya sangat diperlukan untuk membangun SDM yang berkualitas. Tetapi kesejahteraan guru masih menjadi permasalahan yang perlu diperhatikan. Saat ini jumlah guru yang belum menjadi PNS masih banyak, artinya terdapat banyak guru berstatus honorer. Penelitian ini mengkaji bagaimana ketimpangan pendapatan, serta kepuasan kerja dan pelatihan guru honorer Taman Kanak-Kanak di Kota Padang terhadap kinerjanya. Dengan menggunakan alat analisis Struktural Equation Model (SEM�PLS) dan Gini Ratio. Penelitian ini menggunakan pengambilan sampel pada guru honorer di Kota Padang dengan menggunakan rumus Slovin sebanyak 90 responden. Hasil penelitian pertama menunjukkan pendapatan sebelum sertifikasi didapat sebesar 0,23328 yang berarti bahwa ketimpangan pendapatan guru honorer termasuk pada kategori yang rendah. Setelah digabungkan dengan gaji sertifikasi terjadi kenaikan angka gini ratio ketimpangannya yaitu 0,37625. Meski masih tergolong rendah, tetapi angka ini memiliki perbedaan yang artinya sertifikasi mempengaruhi pendapatan yang diterima guru honorer. Selanjutnya ditemukan pelatihan berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja dan kinerja guru honorer Taman kanak-kanak, tetapi kepuasan kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru. Kata Kunci : Ketimpangan Pendapatan, Kepuasan Kerja, Pelatihan, Kinerja Guru honorer
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Delfia Tanjung Sari SE, M.Si. Ph.D |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi |
Depositing User: | s2 perencanaan pembangunan |
Date Deposited: | 07 Sep 2021 04:20 |
Last Modified: | 07 Sep 2021 04:20 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81470 |
Actions (login required)
View Item |