Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu, Sikap Ibu Dan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Wilayah Kerja Puskesmas Ulak Karang Kota Padang Tahun 2020

Olavia, Nega (2021) Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu, Sikap Ibu Dan Dukungan Suami Dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Wilayah Kerja Puskesmas Ulak Karang Kota Padang Tahun 2020. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Full Textt.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU, SIKAP IBU DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULAK KARANG KOTA PADANG Nega Olavia Pertumbuhan penduduk di Indonesia tidak dapat dihindari, tingginya laju pertumbuhan penduduk Indonesia merupakan permasalahan yang besar, diperlukan perhatian dan penangangan dari semua pihak baik masyarakat maupun pemerintah. pemerintah perlu mengantisipasi masalah-masalah yang terjadi, diantaranya dengan program keluarga berencana. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) program keluarga berencana nasional di Indonesia tetap diarahkan kepada pemakaian Metoda Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu, Sikap Ibu dan Dukungan Suami dengan Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Wilayah Kerja Puskesmas Ulak Karang. Penelitian ini menggunakan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta KB Aktif yang ada diwilayah kerja Puskesmas Ulak Karang Kota Padang. Sampel pada penelitian ini sebanyak 102 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data dengan Chi-Square. Dari hasil uji statistik menunjukkan sebagian besar ibu yang menggunakan metode kontrasepsi MKJP memiliki tingkat pengetahuan dalam kategori cukup sebanyak 54 (52,9%), ibu yang memiliki sikap Positif sebanyak 53 (52,0%), ibu yang suaminya mendukung sebanyak 54 (52.9%) yang menggunakan metode kontrasepsi MKJP. Ada hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) (p=0,005), Ada hubungan sikap ibu dengan pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) (p=0,029), Ada hubungan dukungan suami dengan pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) (p=0,020). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu, sikap ibu dan dukungan suami dengan pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP). Kata Kunci : Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), Tingkat Pengetahuan Ibu, Sikap Ibu, Dukungan Suami.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. DR. dr. Yusrawati, SpOG (K) DR. dr. Afriwardi, SH. Sp, KO, MA
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:33
Last Modified: 02 Sep 2021 04:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81443

Actions (login required)

View Item View Item