Gian, Mustika Ilmi (2021) ANALISIS PERUBAHAN BEBAN EMISI KARBON MONOKSIDA (CO) AKIBAT AKTIVITAS KENDARAAN BERMOTOR DI JALAN PROF. DR. HAMKA KOTA PADANG DENGAN SKENARIO PERPINDAHAN PENGGUNA MODA KENDARAAN PRIBADI KE KENDARAAN UMUM. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (538kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (344kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (341kB) | Preview |
|
Text (Tugas Akhir Full Text)
TUGAS AKHIR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban emisi Karbon Monoksida (CO) di Jalan Prof. Dr. Hamka Kota Padang dengan skenario perpindahan pengguna moda kendaraan pribadi ke kendaraan umum dan persentase minat masyarakat terhadap perpindahan pengguna moda kendaraan pribadi ke kendaraan umum, khususnya Trans Padang dan Angkutan Kota. Penelitian ini berfokus pada kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar berbeda yang merupakan salah satu faktor yang memengaruhi besar emisi kendaraan bermotor. Variasi jenis bahan bakar yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, dan Solar. Pengujian besar emisi gas buang kendaraan dilakukan menggunakan alat Gas Analyzer KEG-500 KOENG. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan besar emisi paling kecil dihasilkan oleh kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo. Nilai rata-rata faktor emisi untuk mobil berbahan bakar Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo dan Solar sebesar 4,55 g/km,3,55 g/km, 2,82 g/km dan 2,8 g/km, sedangkan sepeda motor berbahan bakar Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo sebesar 1,00 g/km, 0,72 g/km dan 0,56 g/km, Trans Padang sebesar 11 g/km dan Angkutan Kota sebesar 43,1 g/km. Total beban emisi CO yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor di Jalan Prof. Dr. Hamka sebelum dilakukannya perpindahan pengguna moda kendaraan pribadi ke kendaraan umum yaitu sebesar 175.760,98 g/jam. Total beban emisi CO yang tereduksi menggunakan skenario perpindahan pengguna moda kendaraan pribadi ke Trans Padang sebesar 10% yaitu sebesar 150.397,95 g/jam, 20% yaitu sebesar 151.584,25 g/jam, 30% yaitu sebesar 152.770,55 g/jam, 40% yaitu sebesar 153.956,85 g/jam, 50% yaitu sebesar 155.143,16 g/jam, 59% yaitu sebesar 156.210,83 g/jam dan 60% yaitu sebesar 156.329,46 g/jam. Skenario perpindahan pengguna moda kendaraan pribadi ke Trans Padang lebih efektif dalam menurunkan beban emisi CO daripada perpindahan pengguna ke Angkutan Kota.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Vera Surtia Bachtiar, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Emisi, Karbon Monoksida (CO), Kendaraan Pribadi, Kendaraan Umum, Skenario Perpindahan |
Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Lingkungan |
Depositing User: | s1 teknik lingkungan |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 04:05 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 04:05 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81384 |
Actions (login required)
View Item |