Pengaruh Variasi Dosis dan Lama Pemberian Gambir Terpurifikasi (Uncaria gambir Roxb.)Terhadap Kadar Gula dan NO Darah Tikus Putih Jantan Hipertensi – Diabetes

Zikra, Murhamah (2021) Pengaruh Variasi Dosis dan Lama Pemberian Gambir Terpurifikasi (Uncaria gambir Roxb.)Terhadap Kadar Gula dan NO Darah Tikus Putih Jantan Hipertensi – Diabetes. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh pemberian variasi dosis gambir terpurifikasi terhadap kadar gula dan NO darah tikus putih jantan hipertensi-diabetes telah dilakukan. Tikus putih jantan yang digunakan sebanyak 15 ekor dan dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu kelompok kontrol, pembanding, dan tiga kelompok uji yang diberi gambir dengan dosis 2,5 mg/KgBB, 5 mg/KgBB, dan 10 mg/KgBB. Hewan uji dibuat hipertensi dengan induksi secara oral selama 14 hari dengan NaCl 8% - Prednison 5 mg serta aloksan 120 mg/KgBB pada hari ke-7 untuk induksi diabetes. Pemberian sediaan uji dilakukan selama 14 hari, dan diukur tekanan darah hewan uji mengunakan alat blood pressure analyzer (CODA®). Gula Darah Puasa Tikus diukur menggunakan Accu Check Active® Roche pada hari ke-1, 3, 7, 14. Sedangkan kadar NO diukur dengan metode ELISA pada hari ke-0 dan 14. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan ANOVA dua arah dan dilanjutkan uji Duncan. Data hasil penelitian disajikan dalam bentuk persen perubahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambir terpurifikasi dapat menyebabkan penurunan Glukosa Darah Puasa dan kenaikan kadar NO tikus hipertensi – diabetes secara signifikan (p<0,05). Semakin lama pemberian gambir terpurifikasi maka penurunan kadar glukosa darah puasa dan kenaikan kadar NO akan semakin besar (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa gambir dapat dijadikan sebagai alternatif pengobatan diabetes serta memperbaiki kadar NO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Apt. Armenia, MS, Ph.D
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:30
Last Modified: 31 Aug 2021 06:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/81136

Actions (login required)

View Item View Item