Perumusan Strategi Pemasaran Kerupuk Kulit IKM Gunung Merapi di Bukittinggi

Suci, Ramadhanti (2021) Perumusan Strategi Pemasaran Kerupuk Kulit IKM Gunung Merapi di Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Suci Ramadhanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

IKM Gunung Merapi merupakan usaha kecil yang memproduksi kerupuk kulit diKotaBukittinggi. IKM inimemproduksi 2 jeniskerupuk kulityaitu kerupuk kulit latua dan kerupuk kulit masak. Banyaknya perusahaan yang menghasilkan produk sejenis membuat IKM Gunung Merapi sulit untuk mempertahankan posisi produknya. Kegiatan promosi yang tidak dilakukan lagi dengan anggapan sudah banyak orang yang mengenal IKM Gunung Merapi. Hal ini tentu dapat memicu IKM Gunung Merapi mengalami penurunan penjualan pada 6 tahun terakhir yaitu pada tahun 2015-2020. Apabila kondisi tersebut berlangsung secara terus menerus maka IKM akan megalami kerugian. Oleh karena itu, perlunya perumusan strategi dalam bidang pemasaran untuk meningkatkan penjualan kerupukkulitdiIKMGunungMerapi. Dimulai dengan mewawancarai pemilik IKM Gunung Merapi untuk mendapatkan informasi mengenai gambaran umum serta kondisi pemasaran yang ada. Kemudian melakukan studi literatur dan perumusan masalah yang terjadi di IKM ini serta mengumpulkan informasi dan data terkait untuk menjadi input pada tahap perumusan strategi. Pada perumusan strategi terdapat 3 tahap yaitu, tahap pemasukan, tahap pencocokan, dan tahap keputusan. Hasil perhitungan Matriks SWOT untuk skor EFE adalah 3,09 dan skor IFE adalah 2,97. Pemetaan menggunakan mariks IE berada pda sel II yang artinya IKM Gunung Merapi berada pada posisi tumbuh dan membangun. Hasil dari prioritas strategi pemasaran terpilih pada aspek promosi dengan bobot 0,369 dengan strategi alternatif solusi nya adalah Meningkatkan inovasi pemasaran dengan berbasis online(e-commerce) denganbobot0,353

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Taufik, M.T.
Uncontrolled Keywords: IKM Gunung Merapi, Kerupuk kulit, Strategi pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 19 Aug 2021 07:13
Last Modified: 19 Aug 2021 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/80378

Actions (login required)

View Item View Item