Komunikasi Pariwisata Dalam Implementasi Mindfulness Tourism Di Bandara Internasional Minangkabau (Studi Kasus Pada Era New Normal Di Bandara Internasional Minangkabau)

Anjas, Dwi Fortuna (2021) Komunikasi Pariwisata Dalam Implementasi Mindfulness Tourism Di Bandara Internasional Minangkabau (Studi Kasus Pada Era New Normal Di Bandara Internasional Minangkabau). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak anjas.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1(11).pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
bab v (anjas).pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka anjas.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI ANJAS DWI FORTUNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi di Indonesia. Pada setiap daerah di Indonesia memiliki keunikan dan cara tersendiri dalam meningkatkan sektor pariwisata. Seperti hal nya Sumatra Barat, pada masa pandemi Covid-19, mencoba menindaklanjuti program yang diberlakukan pemerintah yaitu CHSE ke dalam mindfulness tourism. Sehingga menjadikan peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahan ini. Peneliti melakukan penelitian ini dengan maksud dan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi pariwisata pada implementasi mindfulness tourism dan interpretasi wisatawan yang terbentuk dari implementasi mindfulness tourism di Bandara Internasional Minangkabau terhadap Sumatra Barat. Dalam membahas penelitian ini, peneliti menggunakan teori Pengembangan Pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme dengan alasan asumsi dasar penelitian ini adalah pembentukan interpretasi wisatawan terhadap mindfulness tourism. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Ketiga metode pengumpulan data tersebut berasal dari pengamatan terhadap kegiatan wisatawan yang baru saja sampai ke Sumatra Barat melalui bandara serta wawancara pemerintah dan ahli pariwisata di Sumatra Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan tentang kurang berjalan dengan baik komunikasi di dalam mindfulness tourism sehingga hal ini tidak berdampak kepada keinginan wisatawan untuk berani melakukan wisata di Sumatra Barat, selain itu juga peneliti menemukan kesesuaian fasilitas pendukung mindfulness tourism terhadap implementasi yang ditemukan di lapangan, sehingga hal ini menjadi dasar mengapa wisatawan merasa mindfulness tourism tidak berjalan dengan baik dan tidak berdampak pada apapun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.SI
Uncontrolled Keywords: Mindfulness Tourism, Komunikasi Pariwisata, Interpretasi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 13 Aug 2021 03:24
Last Modified: 13 Aug 2021 03:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79929

Actions (login required)

View Item View Item