PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG

Shellya, Salsabila (2021) PENERAPAN E-GOVERNMENT DALAM PELAYANAN KTP PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover&Abstrak.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam kehidupan peran dari pelayanan sangat besar, termasuk pelayanan publik. Setiap instansi pelayanan, wajib meningkatkan mutu pelayanan. Buruknya kualitas pelayanan publik di Indonesia harus segera diatasi oleh pemerintah. Salah satu upaya pemerintah guna meningkatkan kualitas pelayanan publik yaitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. Hal tersebut dikenal dengan istilah e-government atau penyelengaraan pemerintahan berbasis elektronik atau internet. Proses penerapan e-government melalui beberapa tahapan yaitu kehadiran (web presence) dalam website disdukcapil, interaksi (interaction), transaksi (transaction) dan transformasi (transformation). Salah satu cara meningkatkan pelayanan yaitu dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang lebih efektif. Sehingga dapat mendorong pemerintah melakukan percepatan dalam e-government yaitu suatu upaya untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan yang berbasis elektronik. Dengan adanya sistem e-government, diharapkan setiap instansi pelayanan publik dapat memberikan peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih transparan, efektif dan efisien. Untuk pelayanan secara online sudah dapat diakses masyarakat Kota Padang, namun masih terdapat sejumlah kendala dalam operasionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan e-government dalam pembuatan KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang. Penelitian ini menggunakan teori Nugroho (2007) tahapan perkembangan penerapan e-government di Indonesia dibagi menjadi empat dan untuk melihat indikator efektivitas menggunakan teori Sondang P Siagian. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling dan menguji keabsahan data peneliti dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang dalam penggunaan website masih belum efektif. Masih terdapat kendala dalam pelaksanaannya yaitu berkaitan dengan server dan jaringan yang terkadang bermasalah. Dari yang dulunya pelayanan cuma bisa diakses di kantor saja, sekarang pelayanan bisa diakses masyarakat dimana saja dan kapan saja. Hal tersebut bisa terjadi karena Disdukcapil Kota Padang menggunakan sistem pelayanan online, yang berarti disdukcapil menghadirkan pelayanan administrasi kependudukan ke tengah-tengah masyarakat. sehingga membuat masyarakat menjadi terbantu untuk mengurus dokumen kependudukannya

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, M.A
Uncontrolled Keywords: E-government, Website, Pelayanan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 12 Aug 2021 04:32
Last Modified: 12 Aug 2021 04:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79866

Actions (login required)

View Item View Item