PENGARUH PROGRAM EDUKASI TERINTEGRASI TERHADAP PERILAKU PASIEN PASCA STROKE YANG DIRAWAT DI RSUD LUBUK SIKAPING

ISNADI, AGUS (2021) PENGARUH PROGRAM EDUKASI TERINTEGRASI TERHADAP PERILAKU PASIEN PASCA STROKE YANG DIRAWAT DI RSUD LUBUK SIKAPING. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Program Edukasi Terintegrasi terhadap Perilaku Pasien Paska Stroke Di RSUD Lubuk Sikaping XVI + 105 Halaman + 13 Tabel + 6 Lampiran ABSTRAK Perilaku hidup sehat pada pasien pasca stroke masih tergolong rendah sehingga gejala sisa yang dialami pasien cukup bervariasi. Edukasi terintegrasi salah satu upaya yang dapat diberikan untuk meningkatkan perilaku sehat pasien dimana edukasi diberikan oleh kolaborasi Profesional Pemberi Asuhan (PPA) yang terdiri dari dokter, perawat, farmasi dan gizi sehingga pasien dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengoptimalkan kesehatannya dan meningkatkan keselamatan pasien, kepuasan pasien dan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh program edukasi terintegrasi terhadap perilaku pasien paska stroke. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasy Experimental Pre-Post Test One Group dengan jumlah sampel 38 orang. Penelitian ini dilakukan di RSUD Lubuk Sikaping. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji wilcoxcon. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan, sikap dan tindakan pasien paska stroke sebelum dan setelah diberikan edukasi terintegrasi dengan nilai p value masing masing 0.000 (pengetahuan), 0.000 (sikap) dan 0.001 (tindakan). Disimpulkan bahwa edukasi terintegrasi berpengaruh terhadap perilaku pasien paska stroke. Pemberian edukasi terintegrasi kepada pasien sesuai clinical patway penyakit pasien perlu komitmen bersama tim kesehatan agar meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit. Kata Kunci: Edukasi Terintegrasi, Pengetahuan, Sikap, Tindakan Daftar Pustaka : 108 (2008-2020)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.Yulastri Arif, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Edukasi Terintegrasi, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 10 Aug 2021 02:49
Last Modified: 10 Aug 2021 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79752

Actions (login required)

View Item View Item