PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI AR-RISALAH BOARDING SCHOOL

Feri, Hidayat Sahuri (2021) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI AR-RISALAH BOARDING SCHOOL. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ASBTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB VI KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
Tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya penguatan pendidikan karakter atau PPK adalah adanya gejala-gejala yang melihatkan merosotnya karakter pelajar pada era revolusi industri 4.0. Kemajuan teknologi yang semakin cangih tidak diikuti oleh kemajuan karakter pelajar, bahkan hanya menjauhkan kehidupan pelajar dari kata beradab, berkarakter, dan berakhlak mulia. Penguatan Pendidikan karakter sebagai solusi untuk mengembangkan potensi-potensi intelektual dan karakter peserta didik demi mewujudkan tujuan Pendidikan nasional yang dicanangkan pemerintah yaitu revolusi karakter dalam sistem pendidikan nasional. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai dan praktik penguatan Pendidikan karakter di perguruan Islam Ar-Risalah. Metode penelitian ini kualitatif dengan tipe deskriptif. Lokasi penelitian di perguruan Islam Ar-Risalah Padang. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penulis mengunakan teori strukturasi Anthony Giddens. Unit analisis dalam penelitian ini yaitu individu yang tergabung dalam Praktik penguatan Pendidikan karakter di Perguruan Islam Ar-Risalah. Hasil penelitian menunjukan bahwa Perguruan Islam Ar-Risalah melaksanakan penguatan pendidikan karakter dengan cara menanamkan nilai-nilai sepuluh karakter Ar-Risalah dengan cara transformasi pengetahuan (Transformation of knowlegde), pengembangan keterampilan (Development of skill), dan penanaman nilai (Internalization of value). Serta menerapkan sepuluh karakter ke Ar-Risalahan dalam praktik keseharian peserta didik, yakni aqidah lurus, sadar dan benar beribadah, berakhlak mulia, berbudaya hidup sehat, berwawasan luas, bersungguh-sungguh, menghargai waktu, mandiri, cinta tanah air dan yang terakir yaitu rahmat bagi semesta. Mengimplementasikannya dengan pendekatan keteladanan, pembiasaan, nasehat dan penghargaan dan hukuman. Menciptakan generasi yang berkarakter di Perguruan Islam Ar-Risalah dengan tujuan pendidikan oleh pemerintah terlihat struktur yang memberdayakan Agen perguruan Ar-Risalah, Struktur agama (rule), Stuktur budaya atau aturan (rule), Struktur Agama yang berupa sumber daya (resources), Tanggung jawab Agen Perguruan Islam Ar-Risalah dalam Praktik sepuluh karakter ke Ar-Risalahan (resources), Tanggung jawab moral dengan kedua orang tua peserta didik yang menitipkan anaknya (resources). Kata kunci: Praktik sosial, sepuluh karakter ke Ar-Risalahan, PPK

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 09 Aug 2021 06:22
Last Modified: 09 Aug 2021 06:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79660

Actions (login required)

View Item View Item