Analisis Faktor Internal Terhadap Kewirausahaan Akademik di Perguruan Tinggi

Dewita, Maharani (2021) Analisis Faktor Internal Terhadap Kewirausahaan Akademik di Perguruan Tinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan terkait ilmu pengetahuan, riset inovasi, dan teknologi dilaksanakan oleh lembaga Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan membawahi Science Techno Park selaku lembaga komersialisasi dibidang science dan technology. Di Universitas Andalas, Science Techno Park berperan sebagai media penghubung antara peneliti dengan industri sehingga dapat menemukan pihak yang mampu membantu mengkomersilkan penelitian universitas. Akan tetapi, berdasarkan data produk inovasi hasil riset Universitas Andalas tahun 2020, terdapat permasalahan dari segi komersialisasi penelitian, yaitu dari total produk inovasi yang berjumlah 220 produk, hanya 50 produk yang sampai ke tahap komersialisasi dan masuk ke industri. Dengan kata lain, hanya 22,73% produk inovasi yang dapat diterapkan pada industrinya masing-masing. Berdasarkan penelitian terdahulu, menyebutkan bahwa kewirausahaan akademik di universitas berpengaruh signifikan terhadap komersialisasi penelitian. Oleh karena itu, dilakukan penelitian terhadap faktor internal sistem pengendalian universitas, struktur organisasi, sumber daya manusia, perilaku kewirausahaan, dan budaya organisasi untuk diteliti pengaruhnya terhadap kewirausahaan akademik Universitas Andalas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Software SmartPLS. Populasi pada penelitian ini adalah dosen Universitas Andalas yang berjumlah 1.382 orang, sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 106 orang. Hasil Penelitian diperoleh bahwa sistem pengendalian univeritas, struktur organisasi, dan sumber daya manusia berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kewirausahaan akademik di Universitas Andalas. Sedangkan, perilaku kewirausahaan dan budaya organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kewirausahaan akademik di Universitas Andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prima Fithri, MT
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan Akademik, Produk Inovasi Hasil Riset, Structural Equation Modeling (SEM), Uji Outer Model, Uji Inner Model
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 05 Aug 2021 06:46
Last Modified: 05 Aug 2021 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/79139

Actions (login required)

View Item View Item