ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN ETNIK TERHADAP PENAWARAN TENAGA KERJA WANITA MENIKAH DI INDONESIA

Shabrina, Ghaisani (2021) ANALISIS PENGARUH PERBEDAAN ETNIK TERHADAP PENAWARAN TENAGA KERJA WANITA MENIKAH DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penawaran tenaga kerja wanita menikah di Indonesia dan juga untuk mengetahui penawaran tenaga kerja wanita telah menikah yang dipengaruhi oleh faktor etnis. Keputusan yang diambil oleh wanita untuk masuk dalam pasar tenaga kerja cukup kompleks terutama bagi wanita yang telah menikah karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya baik dari faktor individu maupun faktor keluarganya. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Logistik dan menggunakan data dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2019. Variabel dependent yang digunkan dalam penelitian ini adalah penawaran wanita menikah untuk bekerja. Sedangkan variabel indepennya adalah umur wanita menikah, pendidikan wanita menikah, etnis (Minangkabau, Batak dan Jawa), sektor pekerjaan suami, jam kerja suami dan jumlah anggota rumah tangga. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa umur wanita menikah, pendidikan wanita menikah, dan etnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap penawaran wanita menikah bekerja. Sedangkan sektor pekerjaan suami, jam kerja suami dan jumlah anggota rumah tangga menunjukkan hasil yang negatif terhadap penawaran wanita menikah untuk bekerja. Untuk hasil dari hubungan etnis dengan variabel bebas lainnya menunjukkan hasil yang berbeda pada setiap kelompok etnis. Keywords: Penawaran tenaga kerja wanita menikah, umur, pendidikan, etnis, sektor pekerjaan suami, jam kerja suami dan jumlah anggota rumah tangga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Nasri Bachtiar, SE, MS
Uncontrolled Keywords: Penawaran tenaga kerja wanita menikah, umur, pendidikan, etnis, sektor pekerjaan suami, jam kerja suami dan jumlah anggota rumah tangga.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi
Depositing User: s1 ekonomi pembagunan
Date Deposited: 04 Aug 2021 04:47
Last Modified: 04 Aug 2021 04:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78991

Actions (login required)

View Item View Item