PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI SMP “X” PADANG

RAHMI, FERDILLA RAFLI (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL DI SMP “X” PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Fenomena kekerasan seksual pada remaja terjadi dibanyak negara yang bisa menyebabkan kerusakan fisik dan psikologis korbannya. Salah satu upaya pencegahan adalah pemberian intervensi pendidikan kesehatan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi seperti whatsapp. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan media whatsapp terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan remaja dalam pencegahan kekerasan seksual. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan pendekatan one group pretest dan post test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII berumur (12-15) tahun yang berjumlah 30 responden. Penelitian ini dilakukan dari bulan Mei sampai Juni 2021. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan, sikap dan tindakan. Data yang didapat diolah menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan,sikap dan tindakan sebelum dan sesudah diberikan intervensi, didapatkan selisih nilai tengah pengetahuan 0,00 dan selisih nilai tengah sikap 2,50 dan selisih nilai tengah tindakan 1,00. Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terkait pencegahan kekerasan seksual dengan menggunakan media whatsapp group terhadap tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan anak di SMP “X” Padang dengan nilai p<0,05. Dapat disimpulkan bahwa media whatsapp efektif sebagai salah satu media pendidikan kesehatan terkait pencegahan kekerasan seksual. Diharapkan dapat diaplikasikan oleh perawat dalam memberikan pendidikan kesehatan pada remaja sebagai upaya promotive dalam melakukan pencegahan kekerasan seksual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ns. Meri Neherta, S.Kep., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Remaja, Kekerasan seksual, Pendidikan kesehatan, Whatsapp group
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 03:51
Last Modified: 02 Aug 2021 03:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78604

Actions (login required)

View Item View Item