Hubungan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living (ADL) dengan Kualitas Hidup Pada Lansia di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman

Widya, Aprilyan (2021) Hubungan Tingkat Kemandirian Activity Daily Living (ADL) dengan Kualitas Hidup Pada Lansia di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutupan)
BAB VII PENUTUPAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
WIDYA APRILYAN_1711311018_SKRIPSI KEPERAWATAN GERONTIK 2017.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses penuaan pada lansia mengakibatkan terjadinya penurunan fungsi sehingga terjadinya peningkatan prevalensi penyakit degeneratif yang berdampak pada kemampuan fungsional lansia. Kemampuan fungsional lansia dalam Activity Daily Living (ADL) akan menjadi terbatas dalam memenuhi kebutuhan hidup. Hal tersebut penting untuk memastikan kesejahteraan hidup lansia.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat kemandirian Activity Daily Living (ADL) dengan kualitas hidup pada lansia di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 57 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Analisa bivariat menggunakan Uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat kemandirian Activity Daily Living (ADL) dengan kualitas hidup lansia dengan (P-Value = 0,006). Artinya semakin baik tingkat kemandirian pada lansia maka semakin baik juga kualitas hidup lansia dan begitupun sebaliknya. Penelitian ini menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melanjutkan penelitian ini dalam jangkauan yang lebih luas dan meneliti bagaimana pengaruh tingkat kemandirian Activity Daily Living (ADL) terhadap kualitas hidup pada lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kep.,M.Kes.,Sp.Kom
Uncontrolled Keywords: Lansia, Activity Daily Living (ADL), Kemandirian, Kualitas Hidup
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:36
Last Modified: 02 Aug 2021 02:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78543

Actions (login required)

View Item View Item