FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA SABAI NAN ALUIH SICINCIN PADANG PARIAMAN

Ainul, Fitri (2021) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA SABAI NAN ALUIH SICINCIN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak .pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Kesimpulan)
BAB 5 (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Ainul Fitri 1711312008 lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Seiring dengan peningkatan jumlah lansia, persentase lansia dengan keluhan kesehatan juga semakin besar. Hal tersebut akan berdampak pada kualitas hidup lansia yang buruk, sehingga lansia tidak dapat menikmati hidupnya secara sejahtera. Banyak penelitian sebelumnya menunjukkan kualitas hidup lansia yang tinggal dipanti sosial lebih rendah daripada lansia yang tinggal dirumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas hidup lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua lansia yang tinggal di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin. Jumlah sampel didapatkan 52 orang dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dilakukan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi-Square. Hasil uji univariat didapatkan lebih dari separuh lansia memiliki kualitas hidup buruk (57.7%). Berdasarkan uji bivariat, ditemukan hubungan yang signifikan antara kepuasan hidup, aktivitas fisik, kemandirian, depresi, ,dan interaksi sosial, dengan kualitas Hidup (p<0.05) dan tidak terdapat hubungan antara faktor jenis kelamin dengan kualitas hidup (p>0.05). Saran penelitian ini dapat meningkatkan produktifitas lansia di panti seperti kegiatan pengembangan bakat/ hiburan dan melakukan screening secara menyeluruh terhadap lansia yang menyangkut kesehatan fisik, psikologis maupun sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Rika Sabri,M.Kep,Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: kualitas hidup, lansia,panti sosial
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:38
Last Modified: 02 Aug 2021 02:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78531

Actions (login required)

View Item View Item