HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN DISTRES PSIKOLOGIS KELUARGA PASIEN YANG DIRAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG

Lailatul, Israini (2021) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN DISTRES PSIKOLOGIS KELUARGA PASIEN YANG DIRAWAT DI RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) RSUP Dr. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII (Kesimpulan & Saran))
BAB VII (Kesimpulan&Saran).pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Lengkap Lailatul Israini.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Distres psikologis dapat dialami oleh keluarga pasien dirawat di rumah sakit terutama di ruang ICU yang memiliki keterbatasan kunjungan dan pasien yang tidak dapat berkomunikasi langsung dengan keluarga. Salah satu faktor yang berpotensi menyebabkan distres psikologis keluarga pasien yaitu komunikasi terapeutik perawat. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan distres psikologis keluarga pasien yang dirawat di ruang ICU RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Jumlah sampel 30 orang anggota keluarga yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Health Care Communication Questionnaire (HCCQ) dan kuesioner Hospital Anxiety and Depression Scale (HADS). Analisa data univariat ditampilkan dengan tabel ukuran tendensi sentral dan data bivariat dengan menggunakan uji korelasi spearman. Hasil penelitian didapatkan rata-rata skor komunikasi terapeutik perawat adalah 55,17 dengan rentang 41 – 65 dan rata-rata distres psikologis keluarga pasien adalah 19,80 dengan rentang 7 – 38. Hasil analisa bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi terapeutik perawat dengan distres psikologis keluarga pasien (p=0,030) dengan kekuatan hubungan sedang (r= - 0,397), arah hubungan negatif (-) yang berarti bahwa semakin baik komunikasi terapeutik akan menurunkan tingkat distres psikologis keluarga pasien. Oleh sebab itu diharapkan adanya langkah-langkah untuk meningkatkan keterampilan perawat dalam komunikasi terapeutik khususnya terkait dengan kedekatan nonverbal serta diharapkan perawat dapat mendeteksi distres psikologis keluarga pasien sedini mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp, MN
Uncontrolled Keywords: Distres Psikologis, Keluarga, Komunikasi Terapeutik
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:38
Last Modified: 02 Aug 2021 02:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78522

Actions (login required)

View Item View Item