STUDI PERBANDINGAN : PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DAN PERMAINAN LUDO TERHADAP PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH TENTANG PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL

Vinny, Darma Fajri (2021) STUDI PERBANDINGAN : PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DAN PERMAINAN LUDO TERHADAP PERILAKU ANAK USIA SEKOLAH TENTANG PENCEGAHAN KEKERASAN SEKSUAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1-PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7-PENUTUP.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perilaku anak yang pasif terhadap upaya pencegahan kekerasan seksual yang menjadi salah satu penyebab peningkatan kasus pada anak dapat ditingkatkan melalui pendidikan seksual dengan metode sesuai usianya, salah satunya metode bermain. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari hingga Juli 2021 yang bertujuan untuk membandingkan pengaruh media permainan ular tangga dan ludo dalam pendidikan kesehatan. Desain penelitian ini yaitu quasi experiment dengan rancangan non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah anak usia 6-10 tahun di SDN 16 dan 34 Simpang Haru sebanyak 74 responden dengan teknik stratified random sampling yang dibagi menjadi dua kelompok intervensi yaitu kelompok ludo dan ular tangga. Pengolahan data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney-U. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan yang bermakna pada pengetahuan, sikap, dan tindakan responden sebelum dan setelah pemberian intervensi menggunakan permainan ular tangga dan ludo (p<0,05) yang menunjukkan adanya peningkatan. Uji Mann Whitney-U menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada skor pengetahuan, sikap, dan tindakan antara kelompok ludo dan ular tangga. Namun, selisih skor pengetahuan, sikap, dan tindakan lebih besar pada kelompok ular tangga, sehingga ular tangga dinilai lebih efektif digunakan sebagai media untuk meningkatkan perilaku anak dalam pencegahan kekerasan seksual. Diharapkan guru dan orang tua dapat memberikan pendidikan seksual pada anak menggunakan metode dan media yang sesuai dengan usianya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ns.Meri Neherta,S.Kep,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Kekerasan Seksual, Ludo, Pendidikan Kesehatan, Ular tangga
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:54
Last Modified: 02 Aug 2021 02:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78460

Actions (login required)

View Item View Item