GAMBARAN TINGKAT STRES, KECEMASAN DAN DEPRESI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DIMASA PANDEMI COVID-19

Shania, Yolanda (2021) GAMBARAN TINGKAT STRES, KECEMASAN DAN DEPRESI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS SELAMA PEMBELAJARAN TATAP MUKA DIMASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII (Penutup))
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pelaksanaan sistem pembelajaran hybrid learning selama masa pandemi COVID-19 mengakibatkan adanya perubahan pengalaman belajar, tuntutan pencegahan penyakit dan juga resiko penularan COVID-19 yang dapat mengganggu kesejahteraan psikologis mahasiswa. Selama mengikuti praktik klinis secara tatap muka adanya mahasiswa keperawatan yang mengalami kesulitan untuk beristirahat, perasaan mudah tersinggung, sedih dan tertekan maupun kurang antusias dalam melakukan apapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stres, kecemasan dan depresi pada mahasiswa keperawatan Universitas Andalas selama pembelajaran tatap muka dimasa pandemi COVID-19. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 165 mahasiswa dengan metode sampling yaitu accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner DASS-21 (Depression Anxiety and Stress Scales) dengan menggunakan google form. Hasil penelitian menjukkan hampir setengah dari mahasiswa mengalami stres tingkat sedang (32,1%), kecemasan tingkat sedang (28,5%) dan juga depresi tingkat ringan (36,4%). Perlu adanya evaluasi dan intervensi lanjutan terkait kondisi psikologis mahasiswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka dimasa pandemi COVID-19 dan untuk mahasiswa hendaknya mengubah pola hidup dan aktivitas yang lebih baik lagi untuk membantu kesehatan mentalnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Yulastri Arif, S.Kp,M.Kep
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Depresi, Hybrid Learning, Kecemasan, Stres
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 02 Aug 2021 06:46
Last Modified: 02 Aug 2021 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78428

Actions (login required)

View Item View Item