Pengalaman Psikologis Perawat dalam Merawat Pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Ruangan dengan Tekanan Negatif RSUP Dr. M.Djamil Padang

Aqsa, Multi Nugrahaini (2021) Pengalaman Psikologis Perawat dalam Merawat Pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Ruangan dengan Tekanan Negatif RSUP Dr. M.Djamil Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
Skripsi Full Text (Done) Aqsa Multi Nugrahaini 1511311001 - Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di awal tahun 2020 ini, dunia digemparkan dengan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) atau biasa disebut awam dengan virus corona. Perawat merupakan salah satu tenaga kesehatan yang paling sering kontak dengan pasien yang memiliki resiko tertular COVID-19 dan resiko adanya gangguan psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menggambarkan pengalaman psikologis perawat yang merawat pasien COVID-19 di ruangan dengan tekanan negatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dengan metode wawancara mendalam. Pemilihan partisipan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang didapatkan jumlah partisipan sebanyak 8 orang perawat yang pernah merawat pasien COVID-19 di ruangan dengan tekanan negatif RSUP Dr. M. Djamil Padang. Data dikumpulkan berupa rekaman wawancara yang didapatkan dibantu dengan pedoman wawancara dan di analisis menggunakan teknik collaizi’s. Hasil penelitian didapatkan 4 tema yaitu Stres sebagai Respon Pertama terhadap Pandemi COVID-19, Pengalaman Psikologis Negatif saat Awal Merawat Pasien COVID-19, Pengalaman Psikologis Positif, dan Berubahnya Pengalaman Negatif menjadi Positif setelah Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja. Dengan penelitian ini, diharapkan agar perawat dapat memahami dan menyadari pengalaman psikologis pribadi serta berbagi pengalaman dengan sejawat, sehingga pengalaman negatif dapat diatasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp., M.Biomed Ns. Esthika Ariany Maisa, S.Kep., M.Kep
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Pengalaman Psikologis, Perawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 03 Aug 2021 06:39
Last Modified: 03 Aug 2021 06:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78417

Actions (login required)

View Item View Item