HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU HAMIL DENGAN PELAKSANAAN SENAM HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN TAHUN 2020

Twotri, Widia Lisanda (2021) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU HAMIL DENGAN PELAKSANAAN SENAM HAMIL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK KILANGAN TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Senam hamil dapat membantu ibu selama kehamilan dan menjelang proses persalinan. Pengetahuan terkait manfaat senam hamil dan motivasi ibu untuk melaksanakan senam hamil sangat penting bagi ibu hamil. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi ibu hamil dengan pelaksanaan senam hami di Puskesmas Lubuk Kilangan. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di Puskesmas Lubuk Kilangan pada januari 2021 hingga Februari 2021. Responden penelitian adalah ibu dengan usia kehamilan di atas 22 minggu yaitu sebanyak 42 responden. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dan selanjutnya dilakukan proposional random sampling untuk tujuh kelurahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan mengunakan analisis chi-square (p<0,05). Hasil Hasil uji univariat menunjukkan 18 responden dengan pengetahuan baik (42,9%) dan 35 responden dengan motivasi baik (83,3%). Dan hasil uji bivariat terdapat hubungan antara pengatahuan dengan pelaksanaan senam hamil dengan p-value = 0,007, dan tidak terdapat hubungan antara motivasi dengan pelaksananaan senam hamil dengan p-value = 0,779. Kesimpulan dan Saran Disarankan untuk peneliti selanjutnya agar dapat melaksanakan penelitian terkait variabel lain seperti sikap dan perilaku petugas kesehatan dengan pelaksanaan senam hamil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ulfa farrah Lisa, S.ST., M.Keb
Uncontrolled Keywords: senam hamil
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 23 Jul 2021 07:24
Last Modified: 23 Jul 2021 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/78118

Actions (login required)

View Item View Item