IMPLEMENTASI PELAYANAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN ONLINE (PADUKO) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KOTA PADANG PANJANG

Naziva, Amanda Putri (2021) IMPLEMENTASI PELAYANAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN ONLINE (PADUKO) PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL (DISDUKCAPIL) KOTA PADANG PANJANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I-converted.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI)
BAB VI-converted.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
upload full text-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Implementasi kebijakan publik menjadi isu yang penting dalam penelitian ini, untuk mengukur keberhasilan sebuah kebijakan diperlukan implementasi yang baik. Sebaik apapun kebijakan yang dibentuk oleh aparatur negara tanpa didukung dengan implementasi yang baik maka tidak akan menghasilkan solusi untuk masalah-masalah publik. Penelitian ini menemukan fakta yang bertolak belakang dengan isu pentingnya implementasi yang baik dalam sebuah kebijakan publik, dalam program kebijakan publik berbasis teknologi di Kota Padang Panjang PADUKO (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online), program yang dapat mengefisienkan waktu dan tenaga masyarakat tidak berjalan dengan semestinya di Kota Padang Panjang. Hal inilah yang menjadi pedoman peneliti untuk melihat bagaimana implementasi kebijakan PADUKO (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat bagaimana implementasi dari Kebijakan PADUKO (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori implementasi kebijakan Merilee.S.Grindle yang terdiri dari dua indikator yaitu isi kebijakan (context of policy) dan lingkungan kebijakan (content of policy) yang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis teori Merilee.S.Grindle dapat dikatakan bahwa penerapan PADUKO (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang belum cukup baik. Ada beberapa hambatan kebijakan PADUKO (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online) yaitu, kurang memadainya SDM (Sumber Daya Manusia) dan beban kerja yang berat, infrastruktur yang tidak memadai, strategi sosialisasi yang dilakukan para implementor tidak efektif dan tidak tepat sasaran, dan selanjutnya kurangnya respon dan antusias masyarakat Kota Padang Panjang terhadap program kebijakan PADUKO (Pelayanan Dokumen Kependudukan Online).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Publik, Model Implementasi Kebijakan, PADUKO
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:30
Last Modified: 22 Jul 2021 07:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77984

Actions (login required)

View Item View Item