Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pencegahan Penularan HIV/AIDS pada Siswa SMAN 3 Kota Bukittinggi Tahun 2021

Diva, Febrisia Alfer (2021) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pencegahan Penularan HIV/AIDS pada Siswa SMAN 3 Kota Bukittinggi Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Angka kejadian HIV/AIDS terus meningkat dari tahun ke tahun baik secara global hingga ke daerah di Indonesia. Rentang usia tertinggi kasus HIV di Sumatera Barat yaitu dari usia 25-49 tahun, maka virus ini sudah menginfeksi sejak usia remaja penderitanya. Penelitian ini bertujuan mengetahui factor-faktor pencegahan HIV/AIDS pada remaja. Metode Desain penelitian ini adalah cross sectional. Penelitian dilaksanakan dari bulan November-Juni tahun 2021. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI, dengan jumlah sampel 92 responden. Pengambilan data dilakukan dengan angket. Analisis data meliputi analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil Hasil analisis bivariat ada hubungan signifikan antara tingkat pengetahuan, paparan media, peran teman sebaya dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS, tidak ada hubungan yang signifikan antara sikap, peran guru, peran orang tua dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS. Hasil analisis multivariat yaitu pengetahuan merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi perilaku pencegahan HIV/AIDS. Kesimpulan Tingkat pengetahuan, paparan media, dan peran teman sebaya memiliki hubungan yang signifikan dengan perilaku pencegahan HIV/AIDS. Variabel yang paling berhubungan adalah pengetahuan. Diharapkan adanya upaya peningkatan pengetahuan melalui sosialisasi oleh tenaga puskesmas dan oleh guru serta orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, MKM
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS, perilaku pencegahan HIV/AIDS, remaja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 22 Jul 2021 08:54
Last Modified: 22 Jul 2021 08:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77950

Actions (login required)

View Item View Item