HUBUNGAN POLA ASUH IBU TERHADAP STATUS GIZI ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANAK AIR PADANG TAHUN 2020

Shasi, Genia Sanjaya (2021) HUBUNGAN POLA ASUH IBU TERHADAP STATUS GIZI ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANAK AIR PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Anak balita termasuk kelompok rawan gizi karena paling mudah menderita malnutrisi.Pengasuhan anak yang baik oleh ibunya berkaitan dengan status gizi anak balita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh ibu terhadap status gizi anak balita di wilayah kerja Puskesmas Anak Air Padang Tahun 2020. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Anak Air dari bulan Maret sampai Desember 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 24-59 bulan sebanyak 111 orang. Ibu sebagai responden diwawancarai secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Status gizi anak balita diukur dengan indikator BB/TB dan diinterpretasikan dengan software WHO-anthro. Analisis data univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p < 0,05) serta analisis multivariat dengan analisis regresi logistik. Hasil Hasil penelitian menunjukkan anak balita yang malnutrisi sebesar 45%. Hasil analisis uji chi-square didapatkan p-value antara status gizi anak balita dan pola asuh makan (p = 0,000), pola asuh kebersihan (p = 0,000), pola asuh kesehatan (p = 0,000), dan pola asuh stimulasi psikososial (p = 0,000). Hasil analisis multivariat didapatkan pola asuh makan adalah faktor paling dominan berhubungan dengan status gizi anak balita. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara pola asuh makan, pola asuh kebersihan, pola asuh kesehatan, dan pola asuh stimulasi psikososial terhadap status gizi anak balita. Faktor paling dominan yang berhubungan dengan status gizi anak balita adalah pola asuh makan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Masrul, M.Sc., Sp.GK
Uncontrolled Keywords: status gizi, pola asuh makan, pola asuh kebersihan, pola asuh kesehatan,dan pola asuh stimulasi psikososial
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 22 Jul 2021 07:39
Last Modified: 22 Jul 2021 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77870

Actions (login required)

View Item View Item