Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Remaja Terhadap Pencegahan HIV/AIDS di SMA Negeri A Kota Padang Tahun 2021

Indah, Tiansy (2021) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Remaja Terhadap Pencegahan HIV/AIDS di SMA Negeri A Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
BAB Akhir (Penutup_Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan: Masa remaja merupakan masa transisi yang rentan dengan perilaku berisiko yang berdampak negatif, HIV/AIDS merupakan tantangan yang harus dihindari remaja dengan melakukan perilaku mencegah HIV/AIDS .Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku remaja terhadap pencegahan HIV/AIDS di SMAN A Padang. Metode : Desain penelitian adalah Cross Sectional. Penelitian dilaksanakan bulan November-Juni 2021. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI SMAN A Padang, dengan jumlah sampel 94 responden. Pengambilan data dilakukan dengan angket. Analisis data meliputi analisis univariat, bivariat dan multivariat. Hasil : Hasil penelitian didapatkan 62,8% memiliki perilaku baik terhadap pencegahan HIV/AIDS, 69,1% berpengetahuan tinggi, 53,2% bersikap positif, 73,4% terpapar media, 59,6% memiliki peran teman, 52,1% memiliki peran guru, 58,5% memiliki peran orangtua. Terdapat hubungan pada pengetahuan (p=0,008), sikap (p=0,002), paparan media (p=0,043), peran teman (p=0,006), peran guru (p=0,043) dan peran orangtua (p=0,031). Pengetahuan merupakan faktor paling berhubungan dengan perilaku remaja terhadap pencegahan HIV/AIDS (p=0,006,POR=4,108). Kesimpulan : Pengetahuan, sikap, paparan media,peran teman, peran guru dan peran orangtua memiliki hubungan dengan perilaku remaja terhadap pencegahan HIV/AIDS. Variabel paling berhubungan adalah pengetahuan. Diharapkan adanyan dukungan dari pihak sekolah/guru, orangtua, teman, ataupun pihak terkait dalam mengoptimalkan usaha promotif dan preventif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, MKM
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS, remaja,perilaku pencegahan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 19 Jul 2021 06:59
Last Modified: 19 Jul 2021 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77836

Actions (login required)

View Item View Item