Hubungan Pengetahuan Sikap Dan Karakteristik Responden Dengan Kepatuhan Masyarakat Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan (3M) Sebagai Upaya Pencegahan Coronavirus Disease-19 Pada Pusat Perbelanjaan Di Kota Padang Tahun 2021

Shelsa, Irfa Zadzkia (2021) Hubungan Pengetahuan Sikap Dan Karakteristik Responden Dengan Kepatuhan Masyarakat Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan (3M) Sebagai Upaya Pencegahan Coronavirus Disease-19 Pada Pusat Perbelanjaan Di Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak_Shelsa Irfa Zadzkia.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan)_Shelsa Irfa Zadzkia.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 (Kesimpulan dan Saran)_Shelsa Irfa Zadzkia.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka_Shelsa Irfa Zadzkia.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Skripsi Full_Shelsa Irfa Zadzkia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jumlah kasus Covid-19 hingga 24 Desember 2020 di Kota Padang mencapai 12.179. Pusat perbelanjaan merupakan ruangan tertutup yang mana menurut WHO memiliki resiko yang tinggi menyebarkan virus Covid-19. Berdasarkan data BPS masih ada 1,69% masyarakat pada pusat perbelanjaan yang tidak menerapkan protokol kesehatan sama sekali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (3M) pada pusat perbelanjaan di Kota Padang tahun 2021. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian ini adalah pengunjung Budiman Swalayan Sawahan, Gunung Pangilun, Cengkeh, Citra Swalayan Andalas dan Kuranji dengan sampel sebanyak 100 orang menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil Univariat sebanyak (51%) responden patuh dalam menerapkan protokol kesehatan (3M), (72%) berjenis kelamin perempuan, (86%) memiliki umur degan kategori dewasa awal (19-40 tahun), (95%) berpendidikan tinggi, (57%) tidak bekerja, (66%) memiliki pengetahuan yang baik (65%) serta memiliki sikap yang positif. Hasil analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan (POR=2,648, CI=95%) dan sikap (POR=4,271, CI=95%) dengan kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan (3M) dan tidak ada hubungan antara umur, jenis kelamin, status pekerjaan dan tingkat pendidikan. Variabel yang berhubungan dengan kepatuhan dalam menerapkan protokol kesehatan (3M) yaitu pengetahuan dan sikap. Diharapkan kepada masyarakat untuk patuh dalam menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan menambah pengetahuan terkait pencegahan Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ade Suzana Eka Putri, SKM., M.CommHealth.Sc., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Coronavirus Disease-19, Protokol Kesehatan, Pusat Perbelanjaan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 19 Jul 2021 07:09
Last Modified: 19 Jul 2021 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77820

Actions (login required)

View Item View Item