Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu dalam Memberikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Anak Usia 3-6 Tahun di Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang Tahun 2021

Devhani, Devhani Fitri (2021) Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu dalam Memberikan Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Anak Usia 3-6 Tahun di Kelurahan Parak Gadang Timur Kota Padang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 LATAR BELAKANG)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI DEVHANI FITRI)
SKRIPSI_DEVHANI FITRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Pendidikan kesehatan reproduksi harus diberikan kepada anak semenjak dini untuk mengurangi angka kekerasan dan penyimpangan seksual anak. Tahun 2020 sudah banyak terjadi kekerasan seksual pada anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu dalam memberikan pendidikan kesehatan reproduksi pada anak usia 3-6 tahun di Kelurahan Parak Gadang Timur tahun 2021. Metode Desain penelitian adalah cross sectional. Dilaksanakan pada bulan Januari-Juni 2021. Populasi adalah ibu yang memiliki anak usia 3-6 tahun. jumlah sampel 109 responden. Pengambilan data mengggunakan angket. Analisis data meliputi univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil Hasil analisis bivariat tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan perilaku (p=0,275), adanya hubungan pada pengetahuan (p=0,04), adanya hubungan pada sikap (p=0,03,), adanya hubungan pada paparan media (p=0,005), adanya hubungan pada dorongan keluarga (p=0,03,). Hasil analisis multivariat, paparan media merupakan variabel paling berhubungan (p=0,007). Kesimpulan Adanya hubungan pengetahuan, sikap, paparan media, dan dorongan keluarga dengan perilaku ibu dalam memberikan pendidikan kesehatan reproduksi pada anak usia 3-6 tahun. Variabel yang paling berpengaruh adalah paparan media untuk itu diharapkan ibu untuk tidak takut mendapatkan paparan media informasi mengenai pendidikan kesehatan reproduksi pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Mery Ramadani, S.K.M.,M.K.M
Uncontrolled Keywords: ibu, pendidikan kesehatan reproduksi, perilaku, anak
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:58
Last Modified: 19 Jul 2021 03:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77813

Actions (login required)

View Item View Item