Pengaruh Metode Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ)Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Kecanduan Gawai Pada Siswa Sekolah Dasar (SD)

Yasni, Herti (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Jarak Jauh(PJJ)Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Kecanduan Gawai Pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrakk.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUANN.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUPP.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

YASNI HERTI, 1710812005. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Andalas, Padang. Judul Skripsi: Pengaruh Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Dalam Jaringan (Daring) Terhadap Kecanduan Gawai Pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Pembimbing I Dr. Azwar, M. Si. Pembimbing II Dr. Maihasni, M. Si. Masifnya penyebaran dan penularan COVID-19 mendorong World Health Organization (WHO) menetapkan virus ini sebagai pandemi global pada 12 Maret 2020. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan salah satu sektor yang terdampak dengan adanya pandemi ini adalah dunia pendidikan. Penerapan metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis daring merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh pemerintah Republik Indonesia untuk memenuhi hak anak atas pendidikan di tengah pandemi ini. Pemberlakuan kebijakan ini dilakukan secara nasional berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada tanggal 18 Mei 2020, melalui Surat Edaran No. 15 tahun 2020 mengenai pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat penyebaran COVID-19. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa metode dan media selama pembelajaran dari rumah dilakukan dengan menggunakan metode PJJ berbasis daring. Kecamatan Pauh, Kota Padang merupakan salah satu daerah yang menerapkan kebijakan PJJ. Pemberlakuan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berbasis daring juga beresiko terhadap munculnya fenomena kecanduan gawai pada anak, khususnya yang duduk di bangku Sekolah Dasar. Tingginya intensitas penggunaan gawai dan rendahnya pengawasan orang tua selama penerapan pembelajaran jarak jauh daring berpotensi menimbulkan kecanduan gawai pada anak. Penelitian ini menggunakan teori struktural fungsional Robert K. Merton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran jarak jauh berbasis daring berpengaruh signifikan terhadap pengawasan orang tua, (2) Pengawasan orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap kecanduan gawai pada siswa sekolah dasar, (3) Metode pembelajaran jarak jauh daring berpengaruh signifikan terhadap kecanduan gawai pada siswa sekolah dasar, (4) Pengawasan orang tua sebagai variabel intervening mampu memediasi antara metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) daring terhadap kecanduan gawai pada siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Azwar. M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Jarak Jauh, Kecanduan Gawai, Pengawasan Orang Tua, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 19 Jul 2021 06:41
Last Modified: 19 Jul 2021 06:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77768

Actions (login required)

View Item View Item