MANAJEMEN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH/MADRASAH (UKS/M) OLEH PEMERINTAH KOTA PAYAKUMBUH DALAM MEWUJUDKAN KOTA SEHAT TAHUN 2017

Cecilya, Asmarani Oka Putri (2021) MANAJEMEN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH/MADRASAH (UKS/M) OLEH PEMERINTAH KOTA PAYAKUMBUH DALAM MEWUJUDKAN KOTA SEHAT TAHUN 2017. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan daan menganilisis Manajemen Program Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) oleh Pemerintah Kota Payakumbuh dalam mewujudkan Kota Sehat pada Tahun 2017. Penelitian ini. Untuk merubah pola pikir dan pola hidup bersih dan sehat masyarakat khususnya disekolah maka dibentuk Program UKS/M. Program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan pembangunan yang harmonis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskripif. Teori yang digunakan adalah fungsi manajemen menurut Ricky W. Griffin yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumnetasi. Pemilihan informan dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Unit analisis yang digunakan adalah kelompok. Hasil dari penelitian dengan menggunakan fungsi-fungsi manajemen yang dikemukakan oleh Ricky W. Griffin yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan menunjukan bahwa manajemen yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh berjalan dengan sesuai dengan yang telah direncanakan, tetapi masih terdapat kendala dalam pelaksanaanya seperti masih kurangnya pengawasan yang dilakukan terhadap masyarakat atau pedagang kantin yang menjual makanan tidak sehat, dan kurangnya partisipasi masyarakat yang tinggal disekitar lingkungan sekolah dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: Manajemen, PHBS, Program UKS/M
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 19 Jul 2021 03:35
Last Modified: 19 Jul 2021 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77748

Actions (login required)

View Item View Item