Pengaruh Jenis Fungi Terhadap Perubahan Bahan Kering, Protein Kasar dan Retensi Nitrogen dari Azolla mycrophylla Fermentasi

Elsa, Fadillah Azmi (2021) Pengaruh Jenis Fungi Terhadap Perubahan Bahan Kering, Protein Kasar dan Retensi Nitrogen dari Azolla mycrophylla Fermentasi. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Elsa Fadillah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Azolla microphylla berpotensi untuk dijadikan pakan ternak karena pertumbuhannya sangat pesat dan memiliki protein kasar yang tinggi tetapi mengandung serat kasar yang juga tinggi. Oleh karena itu dilakukan fermentasi untuk meningkatkan kualitas nutrisi Azolla microphylla. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari pengaruh jenis fungi yaitu jamur shitake (Lentinus edodes), jamur tiram (Pleurotus ostreatus) dan kapang (Phanerochaete chrysosporium) terhadap perubahan bahan kering, peningkatan protein kasar dan retensi nitrogen dari Azolla microphylla fermentasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan adalah jenis fungi yaitu Lentinus edodes, Pleurotus ostreatus dan Phanerochaete chrysosporium. Parameter yang diukur adalah penurunan bahan kering (%), peningkatan protein kasar (%BK) dan retensi nitrogen (%BK). Hasil analisis ragam menunjukan bahwa jenis fungi memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap perubahan bahan kering, peningkatan protein kasar dan retensi nitrogen dari Azolla microphylla fermentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fermentasi Azolla microphylla dengan Lentinus edodes dan Pleurotus ostreatus memberikan hasil terbaik dan yang efisien adalah fermentasi dengan Pleurotus ostreatus. Pada kondisi ini diperoleh penurunan bahan kering 18,86%, peningkatan protein kasar 46,89% dan retensi nitrogen 66,50%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Nuraini, MS
Uncontrolled Keywords: Azolla microphylla, fermentasi, fungi lignoselulolitik, peningkatan protein dan retensi nitrogen.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 16 Jul 2021 04:42
Last Modified: 16 Jul 2021 04:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77690

Actions (login required)

View Item View Item