Hubungan Karakteristik Individu, Beban Kerja dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja pada Guru SLB di Kota Padang Panjang Tahun 2021

Inanda, Dwi Putri (2021) Hubungan Karakteristik Individu, Beban Kerja dan Dukungan Sosial dengan Stres Kerja pada Guru SLB di Kota Padang Panjang Tahun 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover_Abstrak.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
Bab 6 Kesimpulan Saran.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan. Aktivitas mengajar pada SLB sering dianggap sumber stres bagi guru karena banyaknya tuntutan tugas seperti mengenali keterampilan anak dan membuat anak mandiri. Survei nasional Council for Exeptional Children terhadap 1000 guru pendidikan khusus menyimpulkan kualifikasi kerja buruk berpengaruh terhadap angka guru berhenti kerja akibat stres. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan umur, masa kerja, beban kerja dan dukungan sosial dengan stres kerja pada Guru SLB di Kota Padang Panjang. Metode. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada September 2020 hingga Juni 2021 dengan populasi 59 orang. Keseluruhan populasi dijadikan sampel dengan metode total sampling. Pengolahan data dilakukan univariat dan bivariat. Analisis data dengan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil. Hasil penelitian menunjukkan 45,8% guru mengalami stres kerja berat, 39% berusia >45tahun, 52,5% masa kerja lama, 55,9% beban kerja berat, 49,2% dukungan sosial kurang baik. Hasil uji statistik didapatkan hubungan umur (p-value=0,017), beban kerja (p-value=0,002) dengan stres kerja. Tidak ada hubungan masa kerja (p-value=0,343), dukungan sosial (p-value=0,703) dengan stres kerja. Kesimpulan. Terdapat hubungan umur dan beban kerja dengan stres kerja guru SLB di Kota Padang Panjang. Diharapkan pembagian beban kerja sesuai kemampuan guru dan mengadakan sharing hearing untuk menjalin komunikasi antar guru. Kata Kunci : Guru, Sekolah Luar Biasa, Stres Kerja

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fea Firdani, SKM., MKM
Uncontrolled Keywords: Guru, Sekolah Luar Biasa, Stres Kerja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 15 Jul 2021 07:24
Last Modified: 15 Jul 2021 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77521

Actions (login required)

View Item View Item