IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SURVEI KONDISI JALAN MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN BINA MARGA

Willy, Kurniawan (2021) IMPLEMENTASI DAN EVALUASI SURVEI KONDISI JALAN MENGGUNAKAN METODE PENILAIAN BINA MARGA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1_Abstract_Willy Kurniawan_1710921042..pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2_BAB_I_WILLY KURNIAWAN_1710921042.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
3_BAB_V_PERNUTUP_WILLY KURNIAWAN_1710921042.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4_Daftar Pustaka_WILLY KURNIAWAN_1710921042.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
5_Full Text_TA_Willy Kurniawan_1710921042..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Jalan merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang mempunyai peranan penting bagi masyarakat dan pemerintah dalam memperlancar perekonomian serta pemerataan hasil pembangunan antar wilayah di Indonesia. Kondisi lalu lintas yang berulang-ulang seiring bertumbuhnya perekonomian masyarakat mempengaruhi kondisi kontruksi jalan, dan mennyebabkan penurunan kualitas dari jalan tersebut yang berdampak pada kelancaran berlalu lintas serta keamanan bagi para pengguna jalan. Dalam menjaga kualitas pelayanan dari jalan tersebut maka diperlukan suatu usaha, salah satunya melakukan evaluasi kodisi permukaan dengan cara penilaian kondisi telah ada. Dari nilai kondisi tersebut dapat dijadikan sebagai acuan pada program yang akan diperlukan dalam penanganan jalan yang sesuai pada jenis kerusakan jalannya. Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu mengimplementasikan survei kondisi jalan pada Kecamatan IV Nagari, Lubuk Tarok, Tanjung Gadang Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat dan mengevaluasi pelaksanaan survei kondisi jalan serta usulan untuk sruvei kondisi jalan selanjutnya. Pada penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengamati secara visual serta melakukan pengukuran terhadap bagian-bagian jalan guna mendapatkan data kerusakan jalan, kemudian data tersebut diolah dan dianalisa. Berdasarkan hasil penelitian dengan metoda Surface distress Index dan Road Condition Index didapatkan kesimpulan kondisi jalan pada Kecamatan IV Nagari, Lubuk Tarok, Tanjung Gadang. Jalan berkondisi Baik : 101,11 Km (56,37%), Jalan berkondisi Sedang : 27,44 Km (15,30%), Jalan berkondisi Rusak Ringan : 26,54 Km (14,80%), Jalan berkondisi Rusak berat : 24,29 Km (13,54%). Penambahan informasi geografis pada pengolahan data peta dari hasil tracking jalan Kabupaten Sijunjung, ditambahkan data seperti tipe perkerasan jalan serta kondisi jalan pada atributnya serta tambahan foto geotagging pada peta. Berdasarkan hasil evaluasi dari survei yang dilakukan didapatkan usulan yang diberikan untuk survei selanjutnya yaitu pembuatan modul survei yang jelas dan mengganti formulir RCS dengan format baru, penambahan informasi pada peta serta penambahan survei Data Titik Referensi (DRP). Kata kunci : Jalan, Surface Distress Index, Pavement Condition Index, Sistem Informasi Geografis, Evaluasi, Usulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Taufika Ophiyandri, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Jalan, Surface Distress Index, Pavement Condition Index, Sistem Informasi Geografis, Evaluasi, Usulan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 15 Jul 2021 06:54
Last Modified: 15 Jul 2021 06:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77511

Actions (login required)

View Item View Item