HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KOMPUTER DENGAN KEJADIAN ASTENOPIA PADA TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Timothy, Isa Pranata Siregar (2021) HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KOMPUTER DENGAN KEJADIAN ASTENOPIA PADA TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover & abstrak)
abstrak 1.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Astenopia merupakan suatu kondisi yang mengakibatkan terjadinya penurunan vitalitas dan produktivitas kerja akibat gangguan kesehatan pada mata. Astenopia dapat terjadi apabila ada gangguan yang dialami mata karena otot-ototnya yang dipaksa bekerja keras terutama pada saat melihat obyek dekat dalam jangka waktu yang lama. Dampak dari astenopia di dunia kerja adalah hilangnya produktivitas, meningkatnya angka kecelakaan, dan terjadinya keluhan penglihatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lama penggunaan komputer dengan kejadian astenopia pada tenaga kependidikan fakultas kedokteran universitas andalas. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain potong lintang yang dilaksanakan dari bulan Januari 2020 hingga Juli 2021 di fakultas kedokteran universitas andalas padang. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner secara langsung kepada responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis bivariat dengan uji Chi Square. Hasil analisis univariat didapatkan jumlah tenaga kependidikan yang menggunakan computer lebih dari 4 jam sebesar 90 %. Tenaga kependidikan yang mengalami astenopia sebesar 20 %. Uji statistik data untuk menganalisis hubungan lama penggunaan komputer dengan kejadian astenopia pada menunjukkan nilai p = 0,566 (p>0,05). Kesimpulan pada penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lama penggunaan komputer dengan kejadian astenopia pada tenaga kependidikan fakultas kedokteran universitas andalas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.dr. Hendriati, Sp.M(K)
Uncontrolled Keywords: keluhan astenopia, astenopia, dan lama penggunaan komputer.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:14
Last Modified: 14 Jul 2021 04:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77455

Actions (login required)

View Item View Item