PELAKSANAAN FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (STUDI KASUS DI DESA LUBUK GIO KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU)

Derry, Setiawan (2021) PELAKSANAAN FUNGSI BADAN PERMUSYAWARATAN DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (STUDI KASUS DI DESA LUBUK GIO KABUPATEN SELUMA PROVINSI BENGKULU). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahduluan)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintahan Desa merupaka perwujudan dari Otonomi Desa, dimana Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Kepala Desa bekerja sama dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarkatnya. Pembentukan BPD bertujuan mewujudkan pemerintahan yang demokratis dan mendorong terciptanya mitra kerja yang harmonis antara BPD dan Kepala Desa. Dalam hal ini BPD berfungsi menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, dan mengawasi kinerja Kepala Desa. Penelitian ini dilakukan di Desa Lubuk Gio Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan fungsi BPD dan apa saja faktor yang menjadi kendala belum optimalnya pelaksanaan fungsi BPD di Desa Lubuk Gio Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jenis Penelitian ini adalah Yuridis Empiris dan metode yang digunakan adalah Metode Analisis Kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Setelah data yang diperlukan dalam penelitian ini terkumpul, kemudian dianalisa secara Deskriptif Kualitatif yaitu suatu analisa dengan menggambarkan secara rinci berdasarkan kenyataan yang ditemui dilapangan dan disajikan dalam bentuk uraian kalimat-kalimat. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Desa Lubuk Gio Kabupaten Seluma Provinsi Bengkuluini masih lemah. Hal ini dapat dilihat dari beberapa fungsinya yang belum berjalan dengan maksimal sesuai dengan mekanisme Undang-Undang tentang Desa, Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang BPD dan Peraturan Daerah Kabupaten Seluma tentang BPD. Karena faktanya dalam pelaksanaan fungsi BPD di Desa Lubuk Gio Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu masih belum memahami dengan jelas apa yang menjadi fungsinya sebagai wakil masyarakat desa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Didi Nazmi, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 13 Jul 2021 06:59
Last Modified: 13 Jul 2021 06:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77408

Actions (login required)

View Item View Item