Analisis Peran Pendamping Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di Kota Bukittinggi

Zhahrah, Indah Pratiwi (2021) Analisis Peran Pendamping Dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan di Kota Bukittinggi. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI PENUTUP)
Penutup.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendamping PKH yang merupakan pihak yang sangat menentukan keberhasilan program di lapangan. Pendidikan merupakan komponen PKH di Kota Bukittinggi dengan jumlah penerima bantuan terbanyak. Peran yang dimiliki oleh pendamping PKH pada komponen pendidikan mempengaruhi pada peningkatan pendidikan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, seperti ditemuinya anak KPM PKH yang berprestasi baik pada tingkat daerah maupun nasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran pendamping dalam upaya meningkatkan pendidikan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH di Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan Teori Community Worker yang dikemukakan oleh Jim Ife dan Frank Tesoriero. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan penyajian data secara deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa peran dan keterampilan yang dimiliki oleh pendamping PKH di Kota Bukitinggi dalam upaya meningkatkan pendidikan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH sudah dilakukan secara maksimal, antara lain dengan antusiasme yang ditunjukkannya dalam menjalankan setiap proses kegiatan PKH, memberikan apresiasi dan dukungan kepada anak KPM yang berprestasi melalui event-event yang diadakan sehingga berdampak bagi peningkatan pendidikannya, memberikan berbagai informasi mengenai jenis bantuan komplementer lainnya, membantu KPM dalam menyelesaikan permasalahan terkait dengan pendidikan anak, melakukan pelatihan kepada KPM PKH melalui pemberian materi pada saat kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) guna meningkatkan kapasitas diri bagi KPM PKH, serta menjalankan peranan teknis seperti membantu KPM dalam pengelolaan keuangan keluarga. Beberapa peran yang belum optimal dilakukan yaitu dalam memanfaatkan berbagai keterampilan dan sumber daya yang ada dalam kelompok, serta kurang terjalinnya hubungan masyarakat yang baik antara pendamping PKH dengan pihak fasilitas pendidikan yang mengakibatkan kurangnya pengawasan yang dilakukan terhadap perkembangan anak KPM di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Community Worker, Peran Pendamping, Pendidikan, Program Keluarga Harapan (PKH)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:55
Last Modified: 13 Jul 2021 04:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77323

Actions (login required)

View Item View Item