Annisa, Azarin (2021) MEMULAI USAHA COFFEE SHOP DI ERA NEW NORMAL COVID-19 (STUDI ANTROPOLOGI TENTANG KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version Download (545kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version Download (284kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (421kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Terjadinya wabah pandemi Covid-19 yang bermula di awal tahun 2020 telah membawa berbagai dampak dalam kehidupan manusia dan dunia usaha, salah satunya adalah industri minuman kopi atau coffee shop. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh Pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, dengan penerapan work from home, study from home, dan social distancing, telah mengakibatkan banyaknya usaha coffee shop mengalami penurunan bahkan tutup. Namun, di era kebijakan New Normal, usaha minuman kopi tampak bangkit dengan pesat, dan sebagian besar usaha coffee shop ini melibatkan wirausahawan dari kalangan muda, termasuk mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apa motivasi mereka dalam mengelola usaha di tengah pandemi covid-19 ini dan bagaimana adaptasi dalam aktivitas mereka selama mengelola usaha di tengah pandemi covid-19 ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam pemilihan informan dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan yaitu dengan teknik purposive sampling. Alasan pemilihan lokasi yaitu karena Coffee Shop Laman Kopi di bangun pada era pandemi dan di jalankan oleh mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Padang yaitu Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang, dan Universitas Eka Sakti. Informan yang berhasil diwawancarai ialah Pemilik usaha (Owner), Pembuat Kopi (Barista), dan Pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa dalam membangun usaha Coffee Shop di era pandemi Covid-19 ini berawal dari mimpi yang besar ingin membuka usaha coffee shop sendiri dan menambah pengalaman tentang kopi, sebagai motivasi internal. Motivasi muncul juga karena dukungan keluarga, ingin mencari uang saku tambahan karena orangtua terdampak pandemi, termotivasi dari mata kuliah kewirausahaan, dukungan teman, media sosial, serta kesempatan untuk berwirausaha karena adanya waktu luang yang disebabkan karena tidak adanya aktivitas di kampus. Untuk mengelola coffee shop di era pandemi ini, mahasiswa harus melakukan berbagai adaptasi, baik itu adaptasi dengan protokol kesehatan sebagai kewajiban membuka usaha di era pandemi, maupun adaptasi dengan usaha keberlanjutan usahanya dan tidak sepi pengunjung. Membangun komunitas pelanggan dari pertemanan dan memanfaatkan media sosial sebagai usaha promosi merupakan adaptasi mereka dalam membangun usaha di era pandemi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Drs. Edi Indrizal, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | coffee shop, mahasiswa, motivasi, adaptasi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 06:44 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 06:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77281 |
Actions (login required)
View Item |