PENGARUH SERUTAN BAN SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN ASPAL TERHADAP PARAMETER MARSHALL CAMPURAN ASPAL AC-WC

Ahlul, Ahlul Fikri El Hasani (2021) PENGARUH SERUTAN BAN SEBAGAI PENGGANTI SEBAGIAN ASPAL TERHADAP PARAMETER MARSHALL CAMPURAN ASPAL AC-WC. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Kesimpulan)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Jalan merupakan prasarana yang digunakan guna menunjang kegiatan masyarakat sebagaimana yang diketahui bahwa sifat alami manusia yang selalu berpindah demi memenuhi kebutuhan hidup dan berkomunikasi satu sama lain. Untuk mengoptimalkan kebutuhan tersebut maka dalam membangun jalan diperlukan perencanaan yang baik sehingga diperoleh keamanan, kenyamanan, dan juga ekonomis. Banyak upaya yang dilakukan untuk mendapatkan kekuatan atau kualitas campuran aspal termasuk dengan menggunakan bahan tambah salah satunya dengan menggunakan limbah karet ban. Tujuan dari penggunaan karet ban pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karet ban terhadap stabilitas campuran aspal dengan melakukan beberapa uji variasi kadar serutan ban pada perkerasan lentur lapis Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan penggunaan kadar serutan karet ban sebanyak 1,5%; 3,5% ; 5,5% ; dan 7,5% dan kadar aspal optimum 7,208% yang didapat dari pengujian sebelumnya didapatkan nilai stabilitas dan kelelehan lebih tinggi dibandingkan dengan campuran aspal tampa bahan tambah. Untuk campuran dengan nilai stabilitas terbaik adalah campuran dengan persentase kadar serutan ban sebesar 3,5%. Pada kadar serutan ban 3,5% didapatkan nilai stabilitas 1773,017 kg, nilai kelelehan 5,590 mm, dan nilai MQ sebesar 314,445 kg/mm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Elsa Eka Putri, S.T.,M.Sc(Eng.),Ph.D
Uncontrolled Keywords: Serutan karet ban, Asphalt Concrete-Wearing Coarse, Uji Marshall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 09 Jul 2021 07:09
Last Modified: 09 Jul 2021 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77247

Actions (login required)

View Item View Item