PENERAPAN FRAMEWORK SCRUM PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERSEDIAAN UNTUK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH JILBAB

Oxsa, Picasso (2021) PENERAPAN FRAMEWORK SCRUM PADA PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PERSEDIAAN UNTUK USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH JILBAB. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Laporan TA Oxsa Picasso.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Sistem informasi (SI) konvensional pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) jilbab mengakibatkan proses memperoleh informasi penjualan dan persediaan menjadi tidak efektif, sehingga dibutuhkan pengembangan SI penjualan dan persediaan untuk UMKM jilbab yang sesuai dengan kebutuhan serta mudah digunakan. Penelitian ini menerapkan framework scrum pada tahap pengimplementasian sistem, karena framework scrum dapat menjadi solusi terhadap konvensionalnya metode waterfall yang lambat dan tidak adaptif terhadap perubahan. Hasil penerapan framework scrum yaitu diperoleh 7 product backlog dan 7 kali sprint, dengan total durasi scrum yaitu 133 hari, telah berhasil mengimplementasikan 7 fungsional dengan 27 use case scenario, dan telah diujikan menggunakan metode blackbox testing dengan total 96 aksi dengan hasil 100% sesuai. Penerapan framework scrum, menjadikan sistem lebih mudah diimplementasikan karena sistem yang besar dapat dipecah menjadi beberapa fitur, scrum juga sangat adaptif terhadap perubahan, serta scrum menjadikan tim dapat berkoordinasi dengan lebih baik. Hasil validasi sistem yang telah dilakukan kepada pelaku UMKM jilbab, diperoleh hasil 100% pelaku usaha sepakat bahwa fungsional dari aplikasi ini telah sesuai dengan yang dibutuhkan, sedangkan 95,83 % pelaku usaha merasa sangat mudah dalam menggunakan aplikasi ini, sehingga SI penjualan dan persediaan untuk UMKM jilbab yang telah dikembangkan ini sudah sesuai dengan kebutuhan serta mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hasdi Putra, M.T
Uncontrolled Keywords: Framework Scrum, Sistem Informasi, UMKM Jilbab
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 14 Jul 2021 04:06
Last Modified: 14 Jul 2021 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77245

Actions (login required)

View Item View Item