Unit Kerja Layanan sebagai Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Memberikan Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Pesisir Selatan

Kristia, Hajrin Dwima (2021) Unit Kerja Layanan sebagai Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Memberikan Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Pesisir Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover skripsi kristia hajrin dwima)
Cover Skripsi Kristia Hajrin Dwima.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
BAB PENUTUP (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Kristia Hajrin Dwima Full)
Skripsi Kristia Hajrin Dwima Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Unit Kerja Layanan sebagai Strategi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Memberikan Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan geografis Kabupaten Pesisir Selatan yang memanjang, sehingga beberapa daerah berada cukup jauh dari pusat pemerintahan. Sehingga hal ini menjadi perhatian bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan membuat strategi peningkatan pelayanan dengan dibentuknya Unit Kerja Layanan (UKL) sebagai pelaksana layanan di kecamatan untuk mendekatkan dan memudahkan pelayanan adminstrasi kependudukan kepada masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pemilihan informannya yaitu menggunakan Teknik Purposive Sampling. Untuk menguji keabsahan data yang didapat, peneliti melakukan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi yang dilakukan untuk peningkatan pelayanan secara keseluruhan berjalan dengan baik, dan dilihat berdasarkan tipe strategi menurut Kotten yaitu Strategi Organisasi, Strategi Program, Strategi Dukungan Sumber Daya dan Strategi Kelembagaan. Strategi Organisasi, melihat tujuan dan misi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah direncanakan dengan baik, memiliki program dan kegiatan pelayanan yang sejalan dengan tujuan dan misi tersebut. Sedangkan Strategi Dukungan Sumber Daya, melihat pada pemanfaatan sumber daya yang dimiliki, dalam pelaksanaannya masih terdapat kekurangan seperti kurangnya sarana dan prasarana baik di UKL dan Dinas untuk pelayanan, serta kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) pada UKL. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu sudah terlaksananya strategi pelayanan dengan baik dapat dilihat dari tercapainya tujuan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta telah melaksanakan tipe strategi organisasi menurut Kotten, tetapi masih terdapat kekurangan pada pelaksanaan strategi dukungan sumber daya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yoserizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, UKL, Pelayanan.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 09 Jul 2021 04:20
Last Modified: 09 Jul 2021 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77215

Actions (login required)

View Item View Item