Hubungan Stadium Penyakit Ginjal Kronik dengan Derajat Anemia di RSUP DR. M. Djamil Padang Periode Januari-Desember 2019

F. Cynthia, Samaratul (2021) Hubungan Stadium Penyakit Ginjal Kronik dengan Derajat Anemia di RSUP DR. M. Djamil Padang Periode Januari-Desember 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (543kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penyakit Ginjal Kronik (PGK) adalah kerusakan ginjal baik dalam struktur maupun fungsi yang bisa diikuti oleh penurunan laju filtrasi glomerulus (LFG) menjadi kurang dari 60 ml/menit per 1,73 m2 bersifat persisten selama lebih dari 90 hari. Kejadian PGK ialah salah satu masalah kesehatan yang sedang dialami seluruh dunia saat ini yang disertai dengan prevalensi terus meningkat. Anemia merupakan komplikasi yang relatif umum terjadi pada pasien PGK yang nantinya bisa membawa peningkatan risiko morbiditas dan kematian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan stadium PGK dengan derajat anemia serta mengetahui distribusi frekuensi pasien PGK berdasarkan usia, jenis kelamin, dan derajat anemia. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik obervasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini telah berlangsung dari April 2020 hingga Mei 2021 di Instalasi Rekam Medis RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan jumlah sampel sebesar 45 orang dan menggunakan teknik pengambilan simple random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat kadar Hemoglobin dan LFG yang didapatkan melalui perhitungan data jenis kelamin, umur, berat badan, dan kreatinn plasma di rekam medis. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa kejadian PGK sebagian besar dialami oleh pasien pada kelompok usia 55-64 tahun (33,3%) dan lebih banyak ditemukan pada pasien yang berjenis kelamin laki-laki sebesar 57,8%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pasien PGK paling banyak mengalami anemia sangat berat yaitu sebesar 42,2%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah tidak terdapat hubungan yang bermakna antara stadium Penyakit Ginjal Kronik (PGK) dengan derajat anemia di RSUP Dr. M. Djamil Padang periode Januari - Desember 2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rudy Afriant, Sp.PD-KHOM
Uncontrolled Keywords: Stadium Penyakit Ginjal Kronik, Derajat Anemia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Jul 2021 06:40
Last Modified: 07 Jul 2021 06:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/77104

Actions (login required)

View Item View Item