ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI KELURAHAN PADANGTINGGI PILIANG KECAMATAN PAYAKUMBUH BARAT KOTA PAYAKUMBUH DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020

Maulia, Usni (2021) ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA MISKIN DI KELURAHAN PADANGTINGGI PILIANG KECAMATAN PAYAKUMBUH BARAT KOTA PAYAKUMBUH DI MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover+Abstrak..pdf - Published Version

Download (337kB)
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghitung proporsi pengeluaran pangan rumah tangga miskin selama Pandemi Covid-19 (2) menganalisis kondisi ketahanan pangan rumah tangga selama Pandemi Covid-19. Penelitian dilakukan di Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Kota Payakumbuh.yang dipilih secara purposing sampling. Penelitian ini melibatkan 39 responden yang dipilih menggunakan metode random sampling sederhana. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia 50 tahun, dengan jumlah tanggungan sekitar 3-4 orang. Rata-rata pendapatan rumah tangga responden sebesar Rp 1.171.128,21 per bulan. Proporsi pengeluaran pangan mayoritas responden sebesar 52.38%, yang masuk kategori tahan pangan. Tingkat konsumsi energi rumah tangga responden berada pada kategori kurang pangan, dengan konsumsi energi rata-rata sebesar 45.43% dan konsumsi protein rata-rata sebesar 46.64%. Kesimpulannya, rumah tangga berada dalam kondisi kurang pangan dengan proporsi pengeluaran pangan <60% dari total pengeluaran dan tingkat konsumsi energi ≤80% Kecukupan Energi. Rumah tangga miskin harus memperbaiki pola konsumsi makanan dengan mengikuti kecukupan energi dan protein yang direkomendasikan dan mengontrol pengeluaran makanan secara tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Faidil Tanjung Ir. M.Si. Dr.
Uncontrolled Keywords: Ketahanan Pangan, Rumah Tangga Miskin, Pandemi Covid-19
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:46
Last Modified: 01 Jul 2021 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76870

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item