PENYELESAIAN SENGKETA MEREK TERKENAL ANTARA PERUSAHAAN INDONESIA DAN PERUSAHAAN ASING BERDASARKAN HUKUM NASIONAL DAN HUKUM INTERNASIONAL

Suci, Aulia Antoni (2021) PENYELESAIAN SENGKETA MEREK TERKENAL ANTARA PERUSAHAAN INDONESIA DAN PERUSAHAAN ASING BERDASARKAN HUKUM NASIONAL DAN HUKUM INTERNASIONAL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover and abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Merek sebagai salah satu bagian dari hak atas kekayaan intelektual khususnya merek terkenal memegang peranan penting sebagai identitas suatu barang atau jasa yang diperdagangkan. Kondisi demikian berpotensi menimbulkan itikad yang tidak baik untuk menggunakan merek terkenal tersebut untuk mencari keuntungan pribadi atau pihakpihak tertentu. Hal tersebut dapat menimbulkan sengketa antara pemilik merek dengan pihak-pihak yang hanya memanfaatkan merek terkenal. Untuk itu penyelesaian sengketa merek terkenal penting untuk dikaji karena banyak merek terkenal yang telah dilanggar baik di dalam maupun di luar negeri yang menyebabkan kerugian bagi pemilik merek terkenal tersebut. Sehingga perlindungan hukum bagi pemilik merek terkenal juga sangat perlu dipahami. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang akan diteliti adalah, Pertama, Apa saja faktor-faktor penyebab Indonesia sering menjadi pelaku dalam sengketa merek terkenal dengan pihak asing ? Kedua, Bagaimana pengaturan mengenai penyelesaian sengketa merek terkenal menurut Hukum Internasional ? Ketiga, Bagaimana pula proses penyelesaian sengketa merek terkenal antara perusahaan Indonesia dan perusahaan asing menurut Hukum Nasional Indonesia ? Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan spesifikasi penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini disajikan secara sistematis dan juga terperinci melalui pengumpulan berbagai data yang dilakukan melalui pencarian informasi-informasi melalui studi kepustakaan atau juga melalui data-data sekunder yang mencakup bahan hukum primer, sekunder dan tersier yang berkaitan dengan pokok-pokok permasalahan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyebab Indonesia sering menjadi pelaku dalam sengketa merek terkenal adalah karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk memahami hukum merek itu sendiri sehingga menimbulkan itikad tidak baik untuk menggunakan merek terkenal tersebut. Kemudian akan memunculkan adanya perbuatan melawan hukum dan persaingan usaha yang tidak sehat (unfair competition). Lalu pengaturan serta proses penyelesaian sengketa merek terkenal diatur dalam Konvensi Paris, Perjanjian TRIPs, WIPO dan juga Undang-Undang No. 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Bentuk sanksi hukum berupa pembayaran ganti rugi dan sanksi pidana yang ditetapkan oleh masing-masing negara anggota namun tetap mengacu pada ketentuan Paris Convention and TRIPs Agreement. Kata Kunci : Merek Terkenal, Pelanggaran Merek, Penyelesaian Sengketa

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Zainul Daulay, SH.,MH
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:23
Last Modified: 30 Jun 2021 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/76824

Actions (login required)

View Item View Item